//

HUBUNGAN LAMANYA MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN GAMBARAN KARDIOMEGALI PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Arigi Badar - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penyakit gagal ginjal merupakan masalah kesehatan dunia dilihat dari terjadinya peningkatan insidensi, prevalensi, dan tingkat morbiditasnya.Indonesia termasuk negara dengan tingkat penderita gagal ginjal yang cukup tinggi.Hemodialisis merupakan terapi yang paling banyak digunakan oleh penderita gagal ginjal kronik untuk meningkatkan kelangsungan hidup.Hemodialisis yang berkelanjutan diduga dapat memicu terjadinya kardiomegali akibat ditariknya darah dari dalam tubuh secara terus menerus oleh mesin dialisat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lamanya menjalani hemodialisis dengan gambaran kardiomegali pasien gagal ginjal kronik di RSUD dr. Zainoel Abidin. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2015-Januari 2016.Jenis penelitian ini adalah analitik observasional.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Uji statistik yang digunakan untuk menganalisis data penelitian ini adalah uji chi square.Total subjek penelitian sebanyak 46 subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kelamin laki-laki lebih dominan dibandingkan dengan perempuan sebanyak 27 subjek (58,7%) dengan usia terbanyak pada kelompok usia 46-55 tahun sebanyak 13 subjek (28,3%). Sebanyak 29 subjek (63%) telah menjalani hemodialisis selama ≥6 bulan dan dengan hasil foto toraks didapatkan CTR ≥50% sebanyak 25 subjek (54,3%). Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara lamanya menjalani hemodialisis dengan gambaran kardiomegali dengan nilai p=0,000 (p=

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN GINGIVITIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS (KAJIAN DI INSTALASI HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (PUTRI SRI WAHYUNI, 2016)

COMPARATIVE STUDY PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK BERDASARKAN LAMANYA MENJALANI HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nana Warhamna, 2016)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN MEKANISME KOPING DI DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (BEBBY BALQIS, 2017)

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN KEJADIAN AMENORE SEKUNDER PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH DAN RSUD TGK. CHIK DITIRO SIGLI. (Dewi Yulianti Prastiwi, 2017)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KECEMASAN PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN (Raudhatul Jannah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy