Search :

Advance


HUBUNGAN STRES DENGAN KEJADIAN INSOMNIA PADA MAHASISWA PROFESI NERS FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2013

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang vivi meilani - Personal Name
Subyek STRESS
INSOMNIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Stres merupakan hal yang melekat pada kehidupan sehari-hari yang disebabkan oleh perubahan-perubahan hidup yang dialami semua orang dan memerlukan adaptasi. Salah satu stressor yang dapat menimbulkan stres pada mahasiswa yang menjalani profesi ners adalah tuntutan bebannya yang lebih berat dibandingkan saat di akademik, seringkali mereka dibebankan dengan tugas yang banyak dan menumpuk namun harus segera diselesaikan pada waktu yang telah ditentukan, ditambah lagi dengan tuntutan dinas jaga jika bertugas dirumah sakit sehingga kurangnya waktu relaksasi dan istirahat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan stress dengan kejadian insomnia pada mahasiswa profesi ners Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh tahun 2013. Desain penelitian adalah deskriptif korelatif melalui pendekatan cross sectional study dengan jumlah sampel sebanyak 63 responden yang menjalani profesi ners. Pengumpulan data membagi kuesioner yang terdiri dari 65 item pernyataan dalam skala likert dan dichotomy. Metode analisis data dengan menggunakan uji statistik chi-square, hasil penelitian yang diperoleh adalah mahasiswa profesi yang mengalami stres ringan sebanyak (30%), sedang (13%) dan berat (32%) dan mahasiswa yang mengalami insomnia sebanyak (60%). Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara stres dengan kejadian insomnia pada mahasiswa profesi ners di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh (P-value 0,002) tahun 2013. Saran bagi mahasiswa adalah agar dapat mengatur waktu dalam melakukan aktivitas seperti menyelesaikan tugas, mengerjakan laporan, dinas jaga dan istirahat dengan baik sehingga mampu mengimbangi antara waktu beraktivitas dan istirahat serta stress dapat berkurang dan tidak terjadi insomnia. Kata kunci : Stres, Mahasiswa Profesi Ners, insomnia Daftar bacaan : 21 Buku + 6 Skripsi + 9 Jurnal + 4 Internet (2000-2012)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN STRES DAN GEJALA INSOMNIA PADA MAHASISWA STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ullyaty Rachmah, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN INSOMNIA PADA SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI FATIH BILINGUAL BOARDING SCHOOL BANDA ACEH (Aulia Rizky, 2016)

MANAJEMEN WAKTU MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI NERS FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TAHUN 2014 (Junir Irma Us, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN MENJELANG OBJECTIVE STRUCTURAL CLINICAL EXAM (OSCE) PERTAMA DENGAN GEJALA INSOMNIA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2013 FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Maulida, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN ALAT PERLINDUNGAN DIRI (APD) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI NERS PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2013 (ELVIA MALBENI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.