//

ANALISIS HOMOLOGI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) PADA ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) BERDASARKAN GEN 16S RRNA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURJANNAH PANJAITAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Orangutan merupakan primata Indonesia dan salah satu dari empat jenis kera besar yang masih hidup sampai saat ini. Usus orangutan panjang dan berukuran besar. Salah satu bakteri yang ditemukan adalah bakteri asam laktat (BAL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis bakteri asam laktat pada saluran pencernaan orangutan sumatera (Pongo abelii), berdasarkan analisis urutan nukleotida gen 16S rRNA. Sampel BAL dari feses orangutan sumatera yang telah diisolasi, dibiakkan kembali pada media MRS agar dan kemudian disentrifus untuk mendapatkan pelet sel. Setelah itu dilakukan isolasi DNA Total, amplifikasi gen 16S rRNA dan penentuan urutan DNA. Selanjutnya urutan nukleotida sampel BAL dilakukan penjajaran di BLASTN melalui http://www.ncbi.nlm.nih.gov dan program ClustalW di MEGA 5. Hasil penelitian ditemukan isolat FKH_USK_11 bakteri penghasil asam laktat pada orangutan sumatera adalah Enterococcus durans strain 98D dengan kedekatan 90%. Dapat disimpulkan bahwa isolat bakteri asam laktat orangutan sumatera (Pongo abelii) memiliki kemiripan dengan bakteri Enterococcus durans strain 98D sebesar 90% yang kemungkinan merupakan spesies baru atau spesies ini belum dideposit di GenBank.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) GENUS LACTOBACILLUS DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BIANATANG KASANG KULIM BANGKINANG RIAU ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) GENUS LACTOBACILLUS DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BIANATANG KASANG KULIM BANGKINANG RIAU (LISA SYA BANIAR, 2017)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ENTERIK PATOGEN PADA ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BINATANG KINANTAN BUKITTINGGI (ORYONA ROMADHON, 2015)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT GENUS PEDIOCOCCUS DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) (RESTI REIMENA, 2016)

INTERPRETASI UKURAN JANTUNG ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) BERDASARKAN FOTO RONTGEN ORAKS DI PUSAT KARANTINA ORANGUTAN SUMATERA UTARA (Qaida Minati, 2014)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT GENUS LACTOBACILLUS SP DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) (Miftahul Jannah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy