//

ANALISIS NILAI SOSIAL BUDAYA PUISI DALAM SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fakhrurrazi - Personal Name
SubjectINDONESIAN-POETRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : nilai sosial budaya puisi, surat kabar Serambi Indonesia, tinjauan sosiologi sastra Penelitian ini berjudul “Analisis Nilai Sosial Budaya Puisi dalam Surat Kabar Serambi Indonesia: Tinjauan Sosiologi Sastra”. Masalah penelitian ini adalah nilai sosial budaya apa sajakah yang terkandung di dalam puisi-puisi surat kabar Serambi Indonesia dan bagaimanakah nilai sosial budaya tersebut diungkapkan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai sosial budaya yang terkandung di dalam puisi-puisi surat kabar Serambi Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan sosiologis. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data penelitian ini adalah empat belas puisi surat kabar Serambi Indonesia dari jumlah keseluruhan yang diterbitkan pada edisi mingguan tahun 2012 yang dianggap mengandung nilai sosial budaya yang sangat dominan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa puisi-puisi surat kabar Serambi Indonesia edisi mingguan tahun 2012 terdapat tujuh nilai sosial budaya. Nilai-nilai tersebut yaitu empat diantaranya terdiri dari nilai sosial dan tiga nilai budaya. Nilai sosial tersebut meliputi (1) kemiskinan, (2) ketidakadilan, (3) pertikaian, dan (4) Kepedulian atau kurangnya kepedulian antarsesama, sedangkan berkenaan dengan nilai budaya meliputi (1) semangat bekerja dan (2) sabar. Nilai sosial budaya dimaksud mengungkapkan potret realitas sosial budaya yang terdapat di lingkungan (daerah) penulis.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REPRESENTASI AGENDA MEDIA DALAM SURAT KABAR LOKAL (ANALISIS WACANA PEMBERITAAN KABUT ASAP PADA SERAMBI INDONESIA) (Muhammad Roestian Fahmi Nasution, 2016)

ANALISIS BENTUK-BENTUK PENYIASATAN STRUKTUR DALAM PUISI- PUISI PUBLIKASI HARIAN SERAMBI INDONESIA 2016 (MELLA YUNATI, 2017)

PERKEMBANGAN SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA (1989-2015) (Chaerol Riezal , 2016)

KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMAN 16 BANDA ACEH MEMAHAMI AKRONIM DALAM SURAT KABAR HARIAN SERAMBI INDONESIA (Faizal , 2014)

ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI TEKS OPINI DALAM SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA (Mellida Rizal, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy