//

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DAN SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SERTA GIZI ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DI PAUD NURUL IMAN KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khaliza Maulina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Periode emas perkembangan anak adalah pada usia 2-5 tahun. Diperkirakan 200 juta anak dibawah umur 5 tahun perkembangan motorik dan sensorik tidak berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu dan status sosial ekonomi orang tua serta gizi anak terhadap perkembangan anak di PAUD Nurul Iman, Kopelma Darussalam Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan Cross Sectional Survey yang dilaksanakan pada bulan April sampai Bulan Mei 2013. Sampel pada penelitian ini adalah ibu yang anaknya sekolah di PAUD Nurul Iman, Kopelma Darussalam Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh dengan umur 2-5 tahun.Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Analisis data menggunakan Chi Square Test dan Fisher’s Exact Test pada interval kepercayaan 95% dengan α= 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan 62% balita memiliki perkembangan yang sesuai. Hasil uji analisis Fisher dan Chi Square menunjukkan bahwa hubungan antara pengetahuan ibu dan sosial ekonomi orang tua serta perkembangan anak diperoleh p value 0,722, 0,668 dan 0,001. Kesimpulan pada penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara pengetahuan ibu dengan perkembangan anak, tidak terdapat hubungan sosial ekonomi orang tua dengan perkembangan anak dan terdapat hubungan anstara status gizi anak terhadap perkembangan anak di PAUD Nurul Iman, Kopelma Darussalam Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Kata Kunci: perkembangan anak, pengetahuan ibu, sosial ekonomi, status gizi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI METODE MAIN PERAN DI PAUD NURUL IMAN BANDA ACEH (Tasya Utari Putri, 2019)

HUBUNGAN TINGGI BADAN IBU, SOSIAL EKONOMI DAN ASUPAN SUMBER ZINC DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM (Muhammad Haris Ramadhan, 2017)

PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KABUPATEN ACEH BESAR (Nurhabibah, 2016)

MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD QUR’ANI NURUL ILMI GAMPONG REUDEP MONTASIK ACEH BESAR (PUTRI AYU, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAKUSIA DINI MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI DI KELOMPOK B PAUD NURUL IMAN BANDA ACEH (IRMA YANA L, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy