//

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS BAKTERI DARI SEKRET VAGINA IBU HAMIL SEHAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ika Indriami - Personal Name

Abstrak/Catatan

Vagina ibu hamil yang sehat mengandung mikroorganisme flora normal berperan dalam pertahanan tubuh, ketidakseimbangan flora vagina dapat menyebabkan infeksi pada ibu hamil. Infeksi merupakan salah satu penyebab utama yang secara langsung menyebabkan komplikasi obstetri. Screening lebih dini penting dilakukan melalui pemeriksaan bakteri dari sekret vagina ibu hamil sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola bakteri dan pola sensitivitas antibiotik terhadap bakteri dari sekret vagina ibu hamil sehat di RSUDZA dan RSIA Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif melalui observasi laboratorium. Sampel penelitian ini adalah sekret vagina dari ibu hamil sehat trimester ketiga yang berkunjung ke Poli Obgyn RSUDZA dan Ruang Bersalin RSIA Banda Aceh. Hasil isolasi bakteri dari 42 sampel sekret vagina diperoleh 44 isolat bakteri. Hasil identifikasi bakteri diperoleh Klebsiella pneumonia (36,4%), Staphylococcus sp. (27,3%), Pseudomonas aeruginosa (18,2%), Staphylococcus aureus (6,8%), Streptococcus sp. (4,5%), Streptokokus Grup B (4,5%) dan Escherichia coli (2,3%). Hasil uji sensitivitas bakteri menunjukkan adanya isolat Methicillin Resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan Extended Spectrum Beta-lactamase (ESBL). Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa adanya bakteri oportunistik (Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Klebsiella pneumonia ) pada swab vagina ibu hamil sehat trimester ketiga yang bersifat asimptomatik dan tingginya resistensi antibiotik. Kata kunci : bakteri dari swab vagina, ibu hamil sehat, uji sensitivitas antibiotik

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INSIDENSI INFEKSI SALURAN KEMIH PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI POLI KEBIDANAN DAN KANDUNGAN RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ade Irmaiyanti, 2017)

PERKEMBANGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 1979-2016 (Fitriana Dewinta, 2017)

PENGARUH EMOSIONAL PEKERJA TERHADAP KINERJA; PENYAMPAIAN AFEKTIF SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PADA PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (YUNI ANANDA ZULFIDA, 2016)

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK BAKTERI PENYEBAB INFEKSI NOSOKOMIAL SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (IDEBINA PASLIKO, 2013)

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK BAKTERI PENYEBAB INFEKSI NOSOKOMIAL SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Idebina Pasliko, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.