//

ANALISIS KADAR BESI DALAM PASIR BESI DI DASAR LAUT DESA LAMPANAH-LEUNGAH, KECAMATAN SEULIMUEM, KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZULKIRAM - Personal Name
SubjectIRON-ECONOMIC GEOLOGY
IRON -METALLURGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kelautan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar besi (Fe) yang terdapat dalam pasir besi di dasar laut Desa Lampanah-Leungah, Kecamatan Seulimuem, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan di laboratorium Badan Riset dan Standardisasi Industri Banda Aceh pada Bulan April 2013. Sampel pasir besi diambil pada tiga stasiun yaitu, stasiun I di dekat muara Krueng Leungah yang koordinatnya (05o 14’02” LU, 95o 07’ 10” BT), stasiun II diambil pada jarak 300 meter Stasiun I yang koordinatnya (05o 14’ 34” LU, 95o 01’ 21” BT), selanjutnya stasiun III diambil pada jarak 600 meter dari Stasiun I, yang lokasinya di dekat muara Krueng Deureuma yang berada di Desa Lampanah yang koordinatnya (05o 15’ 09” LU, 95o 34’ 31” BT). Ketebalan pasir besi di dasar perairan di Stasiun I, II, III, masing-masing adalah 27 cm, 11 cm dan 25 cm. Sampel dianalisis menggunakan metode Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar Fe pada Stasiun I sebesar 2,65%, pada Stasiun II 2,16%, dan pada Stasiun III 2,29%. Kata kunci: kadar besi (Fe), pasir besi di dasar laut Desa Lampanah-Leungah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KADAR BESI PADA PASIR BESI ASAL DESA LAMPANAH-LEUNGAH DENGAN TEKNIK SPEKTROFOTOMETRI DAN GRAVIMETRI (Uswatun Hasanah, 2016)

ANALISIS KADAR BESI PASIR BESI ASAL DESA LAMPANAH LEUNGAH SECARA SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA) DAN VOLUMETRI (Mutia Rahmi, 2017)

PENGARUH TEMPERATUR SINTERING TERHADAP SIFAT MAGNETIK PASIR BESI DARI GAMPONG LAMPANAH, ACEH BESAR (Eva Susila, 2017)

IDENTIFIKASI SEBARAN PASIR BESI DI PESISIR PANTAI BENTENG LUBOK, DESA LAMREH, ACEH BESAR MENGGUNAKAN METODE VERY LOW FREQUENCY (VLF-R) (MIFTHAHUL JANNAH, 2015)

SINTESIS DAN KARAKTERISASI MINERAL MAGNETIT (FE 3O4 ) DARI PASIR BESI PESISIR PANTAI DESA LAMPANAH LEUNGAH, ACEH BESAR (NURLAILI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy