//

PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DALAM MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMA NEGERI 5 KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maya Putri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Supervisi pengajaran bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, sehingga dapat memperbaiki dan mengembangkan kualifikasi professional guru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Program supervisi pengajaran; (2) Teknik supervisi pengajaran, dan (3) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui pedoman wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pengawas, dan guru di SMA Negeri 5 Kota Banda Aceh. Hasil penelitian ditemukan: (1) Program supervisi pengajaran yang dilaksanakan oleh kepala sekolah adalah merumuskan kegiatan-kegiatan akademik yaitu; mengintensifkan jam masuk kelas, penertiban perangkat PBM, telaah bahan ajar dan alat pembelajaran, telaah SKL, bimbingan belajar tambahan, dan kegiatan workshop (2) Teknik supervisi oleh Kepala Sekolah secara langsung dan tidak langsung: dimana tekhnik secara langsung lebih mengarah pada supervisi individu yaitu kepala sekolah langsung mensupervisi guru senior yang telah ditunjuk, sedangkan supervisi tidak langsung adalah berupa supervisi kelompok dengan menugaskan guru senior mensupervisi guru-guru yang mempunyai kepangkatan dibawahnya yang telah diatur dalam kelompok MGMP,dan (3) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pengajaran adalah terbatasnya waktu dalam melaksanakan semua program yang telah diagendakan dalam program kerja dan berbenturan jadwal supervisi yang telah diprogramkan oleh kepala sekolah. Sedangkan hambatan yang dihadapi pengawas dalam pelaksanaan supervisi pengajaran adalah banyaknya guru binaan dan jauhnya jarak tempuh ke sekolah. Diharapkan kepada pengawas dan kepala sekolah agar dapat mengarahkan guru-guru dalam meningkatkan proses belajar mengajar melalui program, dan teknik supervisi, sehingga hambatan yang dihadapi guru dapat diatasi secara efektif dan efisien. Kata Kunci: Supervisi Pengajaran, dan Proses Belajar Mengajar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DALAM MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMA NEGERI 5 KOTA BANDA ACEH (Maya Putri, 2016)

PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN ACEH BESAR (Mawardi Slamat Harianto, 2015)

KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DI SD NEGERI 24 BANDA ACEH (Rahmayanti, 2014)

EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKANMUTU PEMBELAJARAN GURUPADA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KOTA SIGLI (Yulita, 2017)

EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN GURU PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KOTA SIGLI (Yulita, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy