//

REPRESENTASI PESAN MORAL ISLAM DALAM FILM HIJRAH CINTA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Marhamah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Representasi Pesan Moral Islam dalam Film Hijrah Cinta”. Film Hijrah Cinta menceritakan tentang perjalanan taubat Alm. Ustadz Jeffry Al Buchori atau yang lebih dikenal dengan sebutan Uje. Penelitian ini mengkaji pesan moral Islam yang terdapat dalam film Hijrah Cinta yang bertujuan untuk mengetahui representasi pesan moral Islam yang terdapat di dalam film dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes (1972). Proses representasi dalam semiotika Roland Barthes berpusat pada tiga hal yaitu, makna denotasi, makna konotasi dan makna mitos. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui teknik dokumentasi. Dalam penelitian ini, data berupa rangkaian gambar yang merepresentasikan pesan moral Islam. Berdasarkan konsep moral yang dipaparkan oleh Asy-Syirbaany, terdapat 13 scene yang merepresentasikan pesan moral Islam dalam film Hijrah Cinta. Pesan moral tersebut mengenai 9 dari 11 akhlak terpuji antar sesama manusia secara umum, yaitu, amanah, shiddiq, menepati janji, tolong-menolong, kreatif, kerja keras, taat dan patuh kepada peraturan, islakh, serta silaturrahim. Sedangkan 2 indikator lainnya yaitu adil dan memaafkan tidak terdapat scene yang merepresentasikan kedua akhlak terpuji tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi pesan moral Islam dalam film Hijrah Cinta lebih dominan direpresentasikan pada makna denotasi dan makna konotasi. Kata Kunci : Representasi; Pesan Moral Islam; Film Hijrah Cinta; Semiotika Roland Barthes.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN FILM PENDEK ANIMASI 2D “LAKSAMANA KEUMALAHAYATI: LAKSAMANA WANITA PERTAMA DI DUNIA” SEKUEL PEMBENTUKAN ARMADAINONG BALEE (ARMADA JANDA) (VIRA MAUDIA, 2019)

ANALISIS UNSUR CINTA DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN KARYA ASMA NADIA (Nisrina Zahara, 2017)

ANALISIS SEMIOTIK REPRESENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM BERBEDA (ITU) NASIB (Edwin Prayogi M, 2015)

ANALISIS PESAN MORAL DALAM CERITA RAKYAT KLUET DI KABUPATEN ACEH SELATAN (MEMORI GUSTI RAHAYU, 2018)

ANALISIS PESAN MORAL DALAM CERITA RAKYAT DI KECAMATAN KUTA MALAKA (Cut Eva Syamsoeddin Putri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy