//

PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DI SMA NEGERI 1 TANAH LUAS KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mariati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Persepsi Guru, Pendidikan berkarakter Penelitian ini berjudul “Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Berkarakter di SMA Negeri 1 Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara”. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru bidang studi ilmu sosial terhadap konsep pendidikan karakter, penerapan pendidikan karakter, faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara khususnya religious, jujur, disiplin, demokrtais dan toleransi. Metode yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Hasil Analisis data menunjukkan belum semua guru bidang studi ilmu sosial SMA Negeri 1 Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara memahami konsep pendidikan karakter khususnya religious, jujur, disiplin, demokrasi dan toleransi. Faktor pendukung penerapan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara adalah lebih seringnya diadakan sosialisasi pendidikan karakter bagi guru-guru di SMA Negeri 1 Tanah Luas, kurikulum sistematis yang mengintegrasikan pendidikan karakter dalam setiap mata pelajaran, adanya fasilitas dan sumber belajar seperti laboratorium dan perpustakaan yang memadai dan lingkungan yang aman, nyaman dan tertib. Faktor Penghambat kurangnya sosialisasi pendidikan karakter bagi guru-guru di SMA Negeri 1 Tanah Luas, fasilitas dan sumber belajar yang kurang memadai, latar belakang keluarga peserta didik, lingkungan diluar sekolah. Kesimpulan dalam proses kegiatan pembelajaran ilmu sosial di SMA Negeri 1 Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara telah di terapkan nilai-nilai pendidikan karakter khususnya religius, jujur, disiplin, demokrasi dan toleransi baik proses pembelajaran di dalam kelas maupun proses pembelajaran di luar kelas. Saran pihak sekolah diharapkan mempertahankan dan meningkatkan lagi peran sertanya dalam menanamkan dan mengembangkan karakter pada diri peserta didik dan warga sekolah lainnya khususnya religius, jujur, disiplin, demokrasi dan toleransi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (ZALEKHA, 2014)

PERBANDINGAN PELAKSANAAN PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH (PEMILUKADA ) TAHUN 2006 DAN 2012 DI KECAMATAN TANAH LUAS KABUPATEN ACEH UTARA (Muhammad Noval , 2016)

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 TANAH PASIR KABUPATEN ACEH UTARA (Sitti Radhiah, 2014)

PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG) DI RAYON 101 UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (SUATU PENELITIAN DI UPTD TANAH JAMBO AYE – ACEH UTARA) (Masyithah, 2013)

IMPLEMENTASI KEMAMPUAN DASAR GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI BAKTIYA KABUPATEN ACEH UTARA (Nurmala, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy