//

PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZKA ULFIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: brain based learning, kemampuan berpikir kritis Dalam proses pembelajaran di sekolah umumnya pendidik kurang mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Padahal, kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang sangat penting dalam pengambilan langkah untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, guru dapat menerapkan pendekatan brain based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banda Aceh tahun pelajaran 2015/2016 pada materi sistem persamaan linear dua variabel setelah diterapkan pendekatan brain based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banda Aceh. Sedangkan sampel adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan Hasil analisis didapat 4,81 dan , sehingga , ini berarti ditolak pada taraf nyata . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan brain based learning peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (ZULFINA FAUZI, 2016)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII SMPIT AL-AZHAR (Lia Devi, 2018)

PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING DI KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH (mauliza rizsky, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIR MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMPN 10 BANDA ACEH (Suci Putri Meilita, 2016)

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (USTI NESFIA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy