//

PEMETAAN DAN SISTEM PENGELOLAAN EKOSISTEM MANGROVE UNTUK EKOWISATA DI KECAMATAN KUTA RAJA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syifa Saputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pemetaan dan sistem pengelolaan ekosistem mangrove untuk ekowisata di kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh belum efektif dikarenakan jarang mendapat perhatian dari semua pihak sehingga diperlukan pemetaan dan pengelolaan ekosistem hutan mangrove melalui model empang parit dan model komplangan (silvofishery). Tujuan penelitian ini adalah untuk memetakan dan mengetahui sistem pengelolaan ekosistem mangrove untuk ekowisata dan untuk mengetahui sistem pengelolaan ekowisata di Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui survey dan observasi lapangan dengan mengidentifikasikan jenis-jenis mangrove dan biota ekosistem mangrove serta observasi kegiatan model empang parit dan model komplangan. Analisis data melalui software SIG selanjutnya ditampilkan dalam bentuk peta. Hasil penelitian ditemukan ada 18 jenis mangrove sedangkan jenis biota ekosistem mangrove dibatasi pada burung 9 (Sembilan) jenis, reptile 2 (dua) Jenis, ikan 4 (empat) jenis, crustacea 4 (empat) jenis dan serangga 4 (empat) jenis serta terdapat makam raja-raja Kesultanan Aceh. Kesimpulan pemetaan dan pengelolaan ekosistem mangrove untuk ekowisata melalui partisipasi aktif masyarakat di kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh menjadi tertata dengan baik dan menarik untuk ekowisata Kata Kunci : Pemetaan, Sistem Pengelolaan, Ekosistem Mangrove dan Ekowisata

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP EKOSISTEM HUTAN MANGROVE DI KAWASAN KUALA LANGSA, KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA. (Laksmi Puja Sukma, 2018)

PARTISIPASI MASYARAKAT DAN KONDISI EKOSISTEM MANGROVE DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Mulyana Sari, 2013)

ANALISIS PEMANFAATAN PESISIR PANTAI UNTUK PENGEMBANGAN TANAMAN MANGROVE DITINJAU DARI PENDAPATAN EKONOMI DAN EKOSISTEM DI KOTA BANDA ACEH (Hariati, 2015)

PEMETAAN SEBARAN DAN LUASAN HUTAN MANGROVERNDI KECAMATAN LEUPUNG, KABUPATEN ACEH BESARRNDENGAN MENGGUNAKAN DATA CITRA LANDSAT 8 (PAWIT TRIMANTO, 2015)

PEMANFAATAN HABITAT OLEH MONYET EKOR PANJANG (MACACA FASCICULARIS) DI KAWASAN PROGRAM REHABILITASI HUTAN MANGROVE GAMPONG PANDE KECAMATAN KUTA RAJA KOTA BANDA ACEH (Dika Faulizar, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy