//

ANALISIS PENDAPATAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT NELAYAN DI DESA BLANG GEULUMPANG KECAMATAN IDI RAYEUK KABUPATEN ACEH TIMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SANTY MIRANATA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ANALISIS PENDAPATAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT NELAYAN DI DESA BLANG GEULUMPANG KECAMATAN IDI RAYEUK KABUPATEN ACEH TIMUR Santy Miranata/Agribisnis Universitas Syiah Kuala ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pendapatan dan tingkat kesejahteraan masyarakat nelayan dengan menggunakan kriteria UMP, BAPPENAS, dan BPS di Desa Blang Geulumpang Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, yaitu dengan menyebarkan kuesioner atau wawancara langsung kepada nelayan sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat nelayan yang terdapat di Desa Blang Geulumpang Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Jumlah populasi sebanyak 720 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak atau simple random sampling yaitu berjumlah 72 orang nelayan. Data yang diperoleh dari hasil penelitian di analisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode analisis deskriptif kuantitatif dilakukan untuk mengetahui pendapatan rumah tangga nelayan. Kemudian pendapatan nelayan dibandingkan dengan menggunakan 3 indikator keluarga sejahtera menurut UMP, BAPPENAS dan BPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan yang diperoleh nelayan buruh pada saat musim banyak ikan Rp. 2.177.696/Bulan dan pendapatan pada saat musim kurang ikan Rp. 1.625.779/Bulan serta dibantu oleh pendapatan istri Rp. 1.200.000/Bulan dan total pendapatan rumah tangga nelayan Rp. 3.101.737/Bulan sehingga tingkat kesejahteraan rumah tangga nelayan menurut kriteria UMP memiliki tingkat kesejahteraan tinggi karena telah melebihi UMP Aceh, menurut kriteria BAPPENAS rumah tangga nelayan dikategorikan sejahtera karena pengeluaran untuk kebutuhan pokok lebih rendah dibandingkan dengan pengeluaran untuk kebutuhan bukan pokok, dan menurut kriteria BPS tergolong dalam tingkat kesejahteraan sedang. Kata Kunci: Pendapatan Rumah Tangga, Pengeluaran Rumah Tangga, Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMPOSISI SPESIES DAN STATUS KONSERVASI IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI TEMPAT PENDARATAN IKAN GAMPONG BLANG GLUMPANG KECAMATAN IDI RAYEUK KABUPATEN ACEH TIMUR (Wardaniana, 2016)

ANALISIS PENDAPATAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN NELAYAN TRADISIONAL DI DESA LAMBADA LHOK KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Ivo Yolanda, 2017)

TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT TANI KORBAN TSUNAMI DI KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN I ACEH BESAR (RAHMAH DARA AYUNDA, 2016)

KESEJAHTERAAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA PANTE MUTIA DI RELOKASI TSUNAMI ARONGAN DESA SEUNEBOK TENGOH MUKIM LAMBALEK KABUPATEN ACEH BARAT (2004-2013) (Munawir, 2016)

ANALISIS PERBEDAAN PENDAPATAN DAN PENGELUARAN RUMAH TANGGA NELAYAN SESUDAH KENAIKAN HARGA BBM DI DESA LAMPAGEU KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (RESKY NANDA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy