//

PERAN DPRK ACEH BARAT DAYA DALAM MENGAWASI PELAKSANAAN QANUN SYARIAT ISLAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fendi Satria - Personal Name

Abstrak/Catatan

Syariat Islam merupakan produk hukum yang diterapkan secara khusus di Aceh melalui Undang-Undang Nomor 44 Tahun 1999 yang merupakan peletak dasar bagi Aceh untuk menerapkan Syariat Islam secara yuridis formal, termasuk Kabupaten Aceh Barat Daya. DPRK Aceh Barat Daya bertugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan qanun syariat Islam di Kabupaten Aceh Barat Daya, hal itu diperlukan agar pelaksanaan syariat Islam berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran DPRK Aceh Barat Daya dalam mengawasi pelaksanaan qanun syariat Islam di Kabupaten Aceh Barat Daya. Pemerintah Aceh Barat Daya melahirkan berbagai kebijakan guna mendukung pelaksanaan syariat Islam. Sebagai lembaga legislatif, maka DPRK harus mampu memaksimalkan fungsi pengawasannya terhadap kinerja pemerintah dalam penerapan qanun syari’at Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Studi lapangan untuk memperoleh data primer yang dilakukan dengan cara wawancara. Sedangkan penelitian kepustakaan untuk memperoleh data sekunder berdasarkan buku-buku dan bacaan terkait. Berdasarkan hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa pelaksanaan qanun syariat Islam di Aceh Barat Daya telah berjalan namun belum sempurna. Hal ini disebabkan karena lemahnya pengawasan yang dilakukan oleh DPRK Aceh Barat Daya. Adapun upaya yang dilakukan oleh DPRK Aceh Barat Daya dalam memaksimalkan fungsi pengawasannya yaitu mulai dari turun kelapangan menyerapa spirasi masyarakat, melakukan koordinasi dan rapat dengar pendapat, mengevaluasi kinerja Dinas Syariat Islam hingga mengusulkan program-program visioner kepada pemerintah untuk pemantapan pelaksanaan syariat Islam. Diharapkan DPRK Aceh Barat Daya tetap mengawasi pelaksanaan qanun syari’at Islam di Aceh Barat Daya secara konsisten dan berkesinambungan, agar berjalan dengan sempurna. Kata kunci : Peran DPRK, Syari’at Islam, Aceh Barat Daya

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN DINAS SYARIAT ISLAM DALAM MENGATASI PELANGGARAN IKHTILATH DI KOTA BANDA ACEH (Eka Maisarah, 2019)

PERAN PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN DALAM MELAHIRKAN QANUN PELAKSANAAN SYARIAT ISLAM DI ACEH PERIODE 2009-2014 (MUNAWWAR, 2019)

PERAN MAJELIS PERMUSYAWARATAN ULAMA ACEH DALAM PEMBENTUKAN QANUN SYARIAT ISLAM DI PROVINSI ACEH (Fajarina, 2014)

EFEKTIVITAS PENERAPAN SYARIAT ISLAM DI KAWASAN PARIWISATA KOTA SABANG (STUDI KASUS DINAS SYARIAT ISLAM) (DIAH AYU LESTARI, 2019)

PERAN WILAYATUL HISBAH DALAM MENINGKATKAN PELAKSANAAN SYARIAT ISLAM DI KOTA LANGSA (Zulkifli Ab, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy