//

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PRAKTIK KEAMANAN PANGAN PENJAJA JAJANAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rita Musfika - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Pengetahuan, praktik, keamanan pangan, penjaja jajanan Penelitian dengan judul “Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Praktik Keamanan Pangan Penjaja Jajanan di Lingkungan Sekolah Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar” telah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keamanan pangan, pengetahuan, dan praktik penjaja jajanan; dan hubungan pengetahuan dengan keamanan pangan dan praktik dengan keamanan pangan penjaja jajanan di lingkungan sekolah Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian ini adalah survey. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Populasi adalah seluruh penjaja jajanan di lingkungan sekolah Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 110 orang. Sampel penelitian adalah penjaja jajanan yang berjumlah 22 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus presentase (%) (tingkat keamanan pangan, pengetahuan, dan paktik) dan Uji korelasi (hubungan pengetahuan dengan keamanan pangan dan praktik dengan keamanan pangan penjaja jajanan ). Hasil penelitian menunjukkan tingkat keamanan pangan dengan kategori kurang (59,1%), tingkat pengetahuan dengan kategori Cukup (86,4%) dan praktik dengan kategori kurang dan cukup (50%) serta terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dan praktik terhadap keamanan pangan penjaja jajanan di lingkungan sekolah Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan dan praktik penjaja jajanan mempengaruhi keamanan pangan jajanan di lingkungan sekolah Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT PENGETAHUAN PENJAJA JAJANAN TERHADAP BAHAN TAMBAHAN MAKANAN BERBAHAYA PADA JAJANAN DI SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN ACEH TENGAH (Sri Wahyuni Omi, 2013)

PROFIL "NYAK" PENJAJA SAYUR DI TUNGKOP KECAMATAN DARUSSALAM ACEH BESAR (Safrida Lavita, 2013)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERAN IBU MENGENAI JAJANAN SEHAT DENGAN PERILAKU MEMILIH MAKANAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN DARUSSALAM ACEH BESAR (ALVI ARHAMUNNISA, 2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU JAJAN DI SEKOLAH DENGAN STATUS KESEHATAN ANAK USIA 13-14 TAHUN DI SMPN BANDA ACEH (Ninin Ernia, 2017)

PENGARUH PROMOSI KESEHATAN CUCI TANGAN DAN JAJANAN SEHAT TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA MIN KUTABARO KABUPATEN ACEH BESAR (KEUMALASARI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy