//

AUDIT KESELAMATAN JALAN PADA RUAS JALAN TENGKU IMUM LUENG BATA KOTA BANDA ACEH STA 0+000 SAMPAI DENGAN STA 2+500

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang jefri reinaldi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jalan Tgk. Imum Lueng Bata adalah jalan nasional 4 lajur 2 arah dengan median, terletak di perbatasan Kota Banda Aceh dengan Kabupaten Aceh Besar. Jalan ini merupakan akses utama masuk ke Kota Banda Aceh dari lintas jalur timur dengan volume lalu lintas yang cukup tinggi. Berdasarkan Data Polresta Kota Banda Aceh, pada tahun 2014 jalan ini memiliki intensitas kecelakaan yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengaudit keselamatan jalan pada Jalan Tgk. Imum Lueng Bata Kota Banda Aceh STA 0+000 sampai dengan STA 2+500. Data geometrik, kecepatan operasional, dan kondisi eksisting diperoleh dengan melakukan pengamatan, penggukuran, pencatatan, dan pemotretan langsung. Hasil pengukuran geometrik jalan diketahui lebar setiap lajur 3,1 m, median 2,4 m, dan tidak memiliki bahu jalan. Dari survei kecepatan operasional diketahui kecepatan operasional setempat adalah 60 km/jam. Audit keselamatan jalan dilakukan dengan mengisi formulir check list dari Departemen Pekerjaan Umum, selanjutnya dilakukan perhitungan dengan skala Guttman untuk mengetahui persentase keselamatan jalan. Hasil pengolahan data diketahui persentase rata-rata keselamatan jalan pada Jalan Tgk. Imum Lueng Bata Kota Banda Aceh STA 0+000 sampai dengan STA 2+500 sebesar 54% dan dikategorikan cukup berisiko. Data kecelakaan lalu lintas pada jalan ini selama 5 periode didapat dari Polresta Kota Banda Aceh. Hasil analisis waktu terhadap kecelakaan diketahui bahwa tahun dengan bobot kecelakaan tertinggi adalah tahun 2013, bulan dengan bobot tertinggi adalah bulan Februari, hari dengan bobot kecelakaan tertinggi adalah hari Sabtu, dan jam dengan bobot kecelakaan tertinggi adalah jam 18.00 WIB – 19.59 WIB. Faktor utama penyebab kecelakaan pada jalan ini adalah faktor human error dengan persentase 55,88 %. Pemeriksaan jarak pandang henti pada kecepatan rencana dan operasional 60 km/jam dengan jarak 84 meter diketahui dua segmen tidak aman, yaitu pada Sta 1+750 – Sta 2+000 dan pada Sta 2+250 – Sta 2+500. Kata Kunci : Audit, Kecelakaan, Risiko, Keselamatan, Jalan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS: SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH) (YUSRAWATI, 2013)

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN FLYOVER SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH (Almira Hilal, 2017)

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PADA MASA DAN PASCA PEMBANGUNAN KONSTRUKSI FLYOVER KAWASAN SIMPANG SURABAYA (STUDI KASUS : JALAN TGK. CHIK DITIRO DAN JALAN TGK. IMUEM LUENG BATA KOTA BANDA ACEH) (RISKA WULANDARI, 2017)

STUDI PENGGUNAAN JALAN ALTERNATIF TERHADAP BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (STUDI KASUS PADA JL. BERINGIN DAN JALAN ANGSA MENUJU JL. DR. MR. M. HASAN BATOH KOTA BANDA ACEH) (Haris Munandar, 2014)

STUDI DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN JALAN LAYANG (FLYOVER) SIMPANG SURABAYA DAN JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (DEDEK ARIANSYAH, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy