//

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN PONDASI (STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN HOTEL MURAYA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairun Nisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Produktivitas tenaga kerja adalah salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah proyek pembangunan. Kurang diperhatikannya produktivitas pekerja pada suatu proyek konstruksi dapat menghambat pekerjaan konstruksi tersebut. Dalam mengukur tingkat produktivitas tenaga kerja ada berbagai macam cara, salah satunya yaitu dengan meneliti besarnya tingkat LUR (Labour Utilitation Rate) masing-masing pekerja, yaitu meneliti sampai seberapa besar tingkat efektivitas pekerja dalam bekerja. Permasalahan pada proyek ini adalah berapa tingkat produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan pondasi proyek pembangunan hotel Muraya Banda Aceh dan meninjau variabel yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja dengan cara kuesioner. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat produktivitas tenaga kerja dan untuk meninjau variabel yang dapat mempengaruhi produktivitas tersebut. Data diperoleh dengan cara mengamati tingkat produktivitas tenaga kerja dan disertai pengisian kuesioner. Pengamatan tingkat produktivitas (LUR) akan menghasilkan waktu bekerja efektif, waktu bekerja kontribusi dan waktu bekerja tidak efektif. Pengamatan dilakukan pada masing-masing pekerja yang sedang mengerjakan pekerjaan pembesian dan pengecoran pada proyek pembangunan Hotel Muraya Banda Aceh. Dari hasil pengumpulan data didapatkan nilai LUR paling tinggi sebesar 77,85%, yaitu tenaga kerja yang sedang melakukan pekerjaan pengecoran, sedangkan LUR terendah adalah sebesar 57,43% pada pekerjaan pembesian. Besarnya tingkat produktivitas pekerja dipengaruhi oleh adanya variabel-variabel bebas. Dari hasil penyebaran kuesioner dapat diketahui tiga variabel yang mempengaruhi tingkat produktivitas tenaga kerja adalah variabel mengenai usia pekerja, kesesuaian upah dan kondisi lapangan dan sarana bantu. Kata kunci : produktivitas, tenaga kerja, LUR, faktor

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PRODUKTIVITAS PEKERJAAAN PONDASI BORED PILE PADA PROYEK JALAN AKSES CILINCING-JAMPEA TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA (Mega Yunita, 2014)

ANALISA PRODUKTIVITAS PILE DRIVER DIESEL HAMMER PADA PEKERJAAN PEMANCANGAN TIANG PANCANG PADA PROYEK PENGGANDAAN JEMBATAN KRUENG CUT KOTA BANDA ACEH. (Khalidi, 2017)

ANALISIS PRODUKHTIVITAS PEKERJAAN PASANGAN DINDING BATA MERAH PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Anshar Maulizar CA, 2016)

ANALISIS EFEKTIVITAS DAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA MENGGUNAKAN METODE WORK SAMPLING PADA PEKERJAAN PASANGAN BATA ( STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN TIPE 70) ANALISIS EFEKTIVITAS DAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA MENGGUNAKAN METODE WORK SAMPLING PADA PEKERJAAN PASANGAN BATA ( STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN TIPE 70) (Lily Yuliani, 2014)

KAJIAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN BALOK BETON BERTULANG PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUANG PUSAT ADMINISTRASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (muharizal, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy