//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DARUL ‘ULUM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ROSMANIDAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: pembelajaran, artikulasi, media gambar, hasil belajar, geografi Penelitian ini adalah tentang penerapan model pembelajaran artikulasi dengan menggunakan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X Madrasah Aliyah Darul ‘Ulum Banda Aceh. Model pembelajaran artikulasi dengan menggunakan media gambar merupakan model pembelajaran berupa pesan berantai yang menuntut siswa agar dapat menerima dengan baik materi dalam bentuk penjelasan dan tampilan gambar yang telah disampaikan oleh guru, serta menekankan komunikasi antar siswa dalam penyampaian pesan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar siswa kelas X-3 Madrasah Aliyah Darul ‘Ulum Banda Aceh melalui penerapan model pembelajaran artikulasi dengan menggunakan media gambar; (2) Aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran melalui penerapan model artikulasi dengan menggunakan media gambar; (3) Keterampilan guru mengelola pembelajaran dengan menerapkan model artikulasi dengan menggunakan media gambar; (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran artikulasi dengan menggunakan media gambar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 Madrasah Aliyah Darul ‘Ulum Banda Aceh yang berjumlah 24 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Temuan penelitian menunjukan bahwa (1) hasil belajar mengalami peningkatan, pada siklus I dari 24 siswa terdapat 18 siswa yang tuntas dan 6 siswa tidak tuntas, sedangkan pada siklus II terdapat 21 siswa yang tuntas dan 3 siswa tidak tuntas. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 62,5% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II; (2) Aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran pada siklus II sudah sesuai dengan persentase waktu ideal; (3) Keterampilan guru meningkat dari cukup (2,24) menjadi baik (3,18); (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran artikulasi dengan menggunakan media gambar adalah 88% dari 24 siswa mengatakan dapat memperjelas pemahaman terhadap materi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi menggunakan media gambar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL ANTARA SISWA KELAS 3 SMAN 1 DAN SISWA KELAS 3 MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM YPUI BANDA ACEH (muhajir, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X-1 MAN MODEL BANDA ACEH (Tian Havwina, 2013)

GAMBARAN GINGIVITIS REMAJA DENGAN KAJIAN PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) DARUL ULUM BANDA ACEH (Aris Munandar, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD MENGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IS MAN DARUL ULUM KOTA BANDA ACEH (Arif Rachman, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (NOVITA SARI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy