//

EFEKTIVITAS EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA) DALAM MEREDUKSI FORMALIN PADA CUMI-CUMI (LOLIGO INDICA) ASIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irma Haryani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Lidah buaya (Aloe vera), cumi- cumi (Loligo indica), Formalin Penelitian yang berjudul “Efektivitas Ekstrak Lidah Buaya (Aloe vera) dalam Mereduksi Kadar Formalin Pada Cumi-Cumi (Loligo indica) Asin” telah dilakukan pada Agustus – Januari 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak lidah buaya dalam mereduksi kadar formalin pada cumi-cumi asin dan mengetahui karakteristik organoleptik cumi-cumi asin setelah diberikan ekstrak lidah buaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pola Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 6 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah P0(0% ekstrak lidah buaya), P1(10% ekstrak lidah buaya), P2(20% ekstrak lidah buaya), dan P3(30% ekstrak lidah buaya) dengan waktu perendaman 60 menit. Analisis data dilakukan dengan Analisis Varian (ANAVA) pada taraf signifikan α=0,05, dan dilanjutkan dengan Uji Duncan. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kandungan formalin sebelum diberikan ekstrak lidah buaya adalah sebesar ( P0:3,65 mg/L, P1: 4,08 mg/L, P2:4,09 mg/L, P3:3,96 mg/L) dan sesudah diberikan ekstrak lidah buaya sebesar (P0:2,75 mg/L, P1:2,58 mg/L, P2:1,63 mg/L, P3:2,82 mg/L. Berdasarkan uji Anava didapatkan bahwa terdapat pengaruh yang berbeda nyata (p ≤ 0.05) pemberian ekstrak lidah buaya dalam mereduksi kadar formalin pada cumi-cumi asin. Dapat disimpulkan bahwa konsentrasi yang paling efektif untuk menurunkan kadar formalin pada cumi-cumi asin adalah pada konsentrasi ekstrak lidah buaya sebanyak 20% ekstrak lidah buaya. Pemberian ekstrak lidah buaya juga memberi pengaruh terhadap kualitas cumi-cumi asin dari segi rasa warna, aroma dan tekstur.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE) TERHADAP PENURUNAN KADAR FORMALIN PADA CUMI-CUMI ASIN (LOLIGO SP) DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (Silviani, 2018)

PENGARUH EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS PADA BERBAGAI KONSENTRASI (M NAUFAL ASYRAF, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH DAN STRUKTUR MIKROSKOPIS SEL β PANKREAS TIKUS HIPERGLIKEMIK (Irdalisa, 2015)

IDENTIFIKASI PARASIT PADA CUMI–CUMI (LOLIGO SPP.) PADA TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) LAMPULO KOTA BANDA ACEH (RESTY FAUZANA RAHMAN, 2016)

PENGARUH APLIKASI EKSTRAK DAGING LIDAH BUAYA TERHADAP JUMLAH NEUTROFIL PADA GINGIVITIS. (Ayu Mayasari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy