//

PENGUJIAN KEAMANAN JARINGAN TERHADAP SERANGAN ARP POISONING (STUDI KASUS PADA JARINGAN WLAN KANTOR WALIKOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alvis Kautsar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Internet adalah jaringan global komputer yang saling terhubung dan digunakan untuk berbagai kepentingan setiap orang yang membutuhkannya. Keamanan jaringan internet mutlak dibutuhkan setiap sistem jaringan. Tujuan dari keamanan jaringan internet adalah mencegah dan mengantisipasi ancaman yang dapat mengganggu dari segi fisik maupun logik baik langsung ataupun tidak langsung dan mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung di dalam jaringan tersebut. Terdapat beberapa permasalahan yang dapat mengganggu sistem jaringan internet salah satunya adalah serangan ARP poisoning yang bertujuan untuk mengambil data penting yang dapat merugikan pengguna dalam suatu jaringan. Tujuan penelitian ini adalah pengujian dengan serangan ARP poisoning terhadap sistem jaringan internet. Setelah dilakukan pengujian maka akan didapatkan data hasil pengujian sehingga dengan data tersebut didapatkan solusi untuk pencegahan terhadap serangan ARP poisoning. Studi kasus pengujian berada pada Kantor Walikota Banda Aceh, serangan yang digunakan untuk pengujian adalah ARP poisoning, yaitu metode serangan dengan memilih beberapa target dan melihat celah yang dapat ditembus oleh serangan ini lalu melakukan proses penyamaran terhadap target sehingga didapatkan data-data penting seperti cookie login pada website dan menangkap traffic network dari target, pengujian ARP poisoning dilakukan berdasarkan tipe keamanan jaringan seperti WPA-personal, WPA2-personal, open, dan keamanan yang dilengkapi dengan authentication login page. Setelah pengujian dilakukan maka didapat kesimpulan bahwa teknik ARP poisoning tidak dapat dilakukan pada tipe keamanan yang dilengkapi oleh authentication login page, sedangkan untuk pengambilan cookies login target berhasil didapatkan untuk target yang melakukan aktifitas menggunakan protocol HTTP sedangkan pada website yang menggunakan protocol HTTPS tidak berhasil didapatkan. Setelah dilakukan analisis keberhasilan dan kegagalan dari pengujian yang telah dilakukan kemudian didapatkan solusi pencegahan terhadap serangan ARP poisoning, keamanan jaringan pada Kantor Walikota Banda Aceh dapat ditingkatkan dengan memasang authentication login page pada setiap jaringan, diterapkannya metode MAC and IP binding untuk pencegahan terhadap ARP poisoning dan juga dapat menggunakan teknik ArpOn pada setiap host yang terkoneksi ke dalam jaringan untuk melakukan block khusus untuk serangan ARP poisoning.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PANJANG DAN TIPE KUNCI TERHADAP SISTEM KEAMANAN WIRELESS PROTECTED ACCESS II (WPA2) MENGGUNAKAN METODE SERANGAN DICTIONARY ATTACK (Rijalul Akram, 2016)

ANALISA PERBANDINGAN INTRUSION PREVENTION SYSTEM MENGGUNAKAN SNORT DAN SURICATA (Qadri Mukhlis, 2018)

PENINGKATAN KEAMANAN AUTENTIKASI LOGIN TERHADAP SERANGAN SESSION HIJACKING MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER-YATES SHUFFLE (Mirza Purnandi, 2019)

ANALISIS PERFORMANSI MULTI PROTOCOL LABEL SWITCHING PADA JARINGAN TESTBED WIRELESS LOCAL AREA NETWORK (STUDI KASUS DI LABORATORIUM JARINGAN KOMPUTER TEKNIK ELEKTRO UNSYIAH) (Angga Satria R, 2013)

ANALISIS EFISIENSI ENERGI WIRELESS LAN BERBASIS CLUSTERING UNTUK LINGKUNGAN FREE SPACE DAN MULTIPATH (Rina Elvida, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy