//

PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI KOLOID KELAS XI DI SMA 6 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Nur Arisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Pengembangan Media Ular Tangga, Tanggapan Siswa dan Guru, Observasi Aktivitas Siswa. Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran Kimia Materi Koloid Kelas XI di SMA Negeri 6 Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengembangkan media ular tangga 2) mendeskripsikan tanggapan guru dan tanggapan siswa, dan 4) mendeskripsikan aktivitas siswa terhadap media ular tangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan desain yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation (ADDIE). dengan menggunakan metode kualitatif. Uji coba media ular tangga dilakukan di SMAN 6 Banda Aceh yang dilakukan di kelas XI MIA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan angket. Untuk mengetahui aktivitas siswa dilakukan dengan lembar observasi yaitu pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua, sedangkan untuk tanggapan siswa dan guru yaitu melalui lembar angket yang diberikan pada akhir pertemuan kedua. Data yang diperoleh dari lembar observasi dan angket yaitu dengan menggunakan rumus persentase, dengan memperoleh hasil pengembangannya media ular tangga sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media ular tangga mendapatkan kriteria validasi yang sangat layak yaitu dilihat dari kelayakan aspek format media 100%, aspek visual 96,9%, aspek kejelasan media dalam aspek penyajian soal/pertanyaan 97,5% dan aspek fungsi/kualitas media 84,4%. Validasi produk dilakukan oleh 2 orang validator dan 2 mahasiswa FKIP Kimia Unsyiah. Uji coba siswa terhadap pengembangan media dilakukan dengan memberi angket tanggapan siswa dan guru terhadap media, menunjukkan tanggapan yang sangat baik dengan perolehan nilai persentase respon siswa sebesar 95% dan respon dari guru sebesar 89,3%. Untuk observasi aktivitas dilakukan oleh 5 orang pengamat siswa dan tergolong sangat baik dengan rerata skor persentase sebesar 88,6%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media ular tangga layak digunakan dan dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran pada materi koloid. Oleh karena itu guru diharapkan dapat mengembangkan media lain pada materi yang berbeda dan sebaiknya ada penelitian lanjutan untuk melihat tingkat hasil belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KELAS X SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (Ria Afriza, 2017)

PENGEMBANGAN MEDIA CHEMOPOLY GAME PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI KOLOID KELAS XI DI SMAN 1 PEUKAN BADA (Farah Meutia, 2014)

PENGEMBANGAN MEDIA SIRKUIT CERDIK BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI KOLOID KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR (Yuni Sri Rezeki, 2016)

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KIMIA PADA MATERI KOLOID KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Yunita Sari, 2019)

PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI KELAS XI-MIA SMA NEGERI 13 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (Sri Rezeki, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy