//

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Miskonsepsi, CRI, Larutan Penyangga Penelitian yang berjudul “Identifikasi Miskonsepsi dengan Menggunakan Metode Certanty of Response Index (CRI) pada Materi Larutan Penyangga di SMA” ini mengangkat masalah miskonsepsi yang dimiliki siswa dalam materi larutan penyangga. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa SMAN 3 Banda Aceh dan siswa SMAN 1 Ingin Jaya untuk materi larutan penyangga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 3 Banda Aceh dan SMAN 1 Ingin Jaya, jumlah subjeknya 40 orang siswa masing-masing sekolah. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yaitu CRI yang merupakan ukuran tingkat keyakinan responden dalam menjawab setiap soal yang diberikan. Pada materi pengertian larutan penyangga sebanyak 21,7% siswa SMAN 3 Banda Aceh dan 30,8% siswa SMAN 1 Ingin Jaya mengalami miskonsepsi. Pada prinsip kerja larutan penyangga sebanyak 20% siswa SMAN 3 Banda Aceh dan 32,5% siswa SMAN 1 Ingin Jaya yang mengalami miskonsepsi. Sebanyak 25% siswa SMAN 3 Banda Aceh dan 38,3% siswa SMAN 1 Ingin Jaya yang mengalami miskonsepsi tentang konsep membuat larutan penyangga. Untuk penelitian lebih lanjut, peneliti menyarankan agar dapat dilakukan wawancara dengan guru serta observasi mengajar guru sehingga dapat diidentifikasi penyebab miskonsepsi yang terjadi pada siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi pada materi larutan penyangga yang terungkap dengan metode CRI.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA KONSEP MEKANIKA MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2012/2013 (Frima Yanty Berutu, 2014)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 BANDA ACEH PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (Syarifah Nailus Anzila, 2019)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPON INDEX (CRI) PADA KONSEP GERAK DAN GAYA DI SMAN 5 BANDA ACEH (Sarianita, 2018)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NON ELEKTROLIT DI KELAS X SMA AL-FALAH KABUPATEN ACEH BESAR (Riska Irsanti, 2017)

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP LARUTAN PENYANGGA DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Yusnidar, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy