//

PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN PEMUTIH GIGI CARBAMIDE PEROXIDE 10% DAN CARBAMIDE PEROXIDE 15% TERHADAP KEKERASAN PERMUKAAN EMAIL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ELVIYONA YUNINDIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Elviyona Yunindia Program Studi : Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala Judul : Pengaruh Penggunaan Bahan Pemutih Gigi Carbamide Peroxide 10% Dan Carbamide Peroxide 15% Terhadap Kekerasan Permukaan Email. Latar belakang. Produk bahan pemutih gigi saat ini sudah banyak digunakan di kedokteran gigi. Salah satu bahan pemutih gigi yang dapat digunakan di rumah dan dijual bebas dipasaran adalah carbamide peroxide 10% dan carbamide peroxide 15%. Carbamide peroxide merupakan bahan yang bersifat tidak stabil dan mudah terurai menjadi hidrogen peroksida dan urea. Kandungan dari hidrogen peroksida dapat menyebabkan perubahan struktur permukaan email. Salah satunya ditandai dengan penurunan kekerasan pada permukaan email. Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara aplikasi bahan pemutih carbamide peroxide 10% dengan carbamide peroxide 15% terhadap kekerasan email. Metode. Spesimen sebanyak 20 dibagi 2 kelompok aplikasi yaitu aplikasi dengan carbamide peroxide 10% dan aplikasi dengan carbamide peroxide 15% selama 6 jam dalam inkubator pada suhu 370C. Lalu masing-masing kelompok disimpan dalam larutan saliva buatan selama 24 jam dalam inkubator pada suhu 370C. Setiap spesimen dari masing-masing kelompok dilakukan uji kekerasan permukaan email sebelum dan sesudah aplikasi carbamide peroxide. Pengukuran kekerasan permukaan email dilakukan dengan menggunakan micro vicker hardness tester dengan berat beban 50 gr selama 15 detik. Hasil. Nilai pengukuran kekerasan email sebelum aplikasi carbamide peroxide 10% dan 15 % adalah 329,50 VHN dan 326,90 VHN, sedangkan nilai sesudah aplikasi carbamide peroxide 10% dan 15 % adalah 320,10 VHN dan 315,80 VHN. Kesimpulan. Uji Independent sample t-test tidak menunjukkan penurunan kekerasan yang bermakna antara carbamide peroxide 10% dan 15%. Kata kunci : Carbamide peroxide, waktu aplikasi, kekerasan email, micro vicker hardness tester

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PERUBAHAN WARNA GIGI SETELAH APLIKASI PIR HIJAU (PYRUS COMMUNIS) DENGAN KARBAMIDA PEROKSIDA 16% SEBAGAI BAHAN HOME BLEACHING (REZA AULIA, 2019)

PERBEDAAN APLIKASI LARUTAN FLUORIDE DAN LARUTAN KAKAO (THEOBROMA CACAO LINN) TERHADAP KEKERASAN PERMUKAAN EMAIL GIGI. (Cut Zawil Fitria, 2015)

PERBEDAAN TOPOGRAFI PERMUKAAN EMAIL SETELAH UJI BOND STRENGTH ANTARA ORTHODONTIC BRACKET METAL DAN EMAIL YANG TERKONTAMINASI SALIVA DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN ADHESIF YANG BERBEDA (nazella, 2014)

PENGARUH MINUMAN BERSODA NON GULA TERHADAP KEKERASAN EMAIL GIGI PERMANEN (Dina Annisa, 2015)

PENGARUH KUAH ASAM KEUENG TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN EMAIL GIGI (Syarifah Maghfirah , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy