//

HUBUNGAN PENGETAHUAN POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN SINDROMA DISPEPSIA PADA REMAJA MADRASAH ALIYAH SWASTA ULUMUL QURAN PAGAR AIR ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Anita - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sindroma dispepsia merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat umum dijumpai dalam kehidupan masyarakat, khususnya golongan remaja. Sindroma dispepsia sangat sering diabaikan dan di anggap sebagai keluhan biasa oleh masyarakat. Padahal jika dilihat dampak jangka panjangnya, sindroma ini dapat menimbulkan kerugian bagi penderita. Dispepsia disebabkan oleh multifaktor salah satunya adalah pola makan. Untuk dapat terbentuk pola makan yang baik maka diperlukan pengetahuan yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan pola makan dengan kejadian sindroma dispepsia pada remaja Madrasah Aliyah Swasta Ulumul Quran Pagar Air Aceh Besar. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah seluruh siswa/i Madrasah Aliyah Swasta Ulumul Quran Pagar Air Aceh Besar yang dipilih secara total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian dianalisa dengan analisa univariat dan bivariat. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pengetahuan responden mengenai pola makan yang menyebabkan sindroma dispepsia dalam kategori cukup sebanyak 71 orang (64,5%) dan kategori baik sebanyak 39 orang (35,5%). Kejadian dispepsia pada responden sebanyak 56 orang (50,9%) sedangkan yang tidak dispepsia sebanyak 54 orang (49,1%). Hasil analisa Chi-Square dengan tingkat kesalahan 5% (α=0,05) didapatkan nilai X2hitung(5,448) > X2tabel(3,841), nilai p value < 0,05 yaitu 0,02 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan pola makan dengan kejadian sindroma dispepsia pada remaja Madrasah Aliyah Swasta Ulumul Quran Pagar Air Aceh Besar. Kata Kunci : pengetahuan pola makan, kejadian sindroma dispepsia, remaja Madrasah Aliyah Swasta Ulumul Quran Pagar Air Aceh Besar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN SINDROMA DISPEPSIA PADA REMAJA MADRASAH ALIYAH SWASTA ULUMUL QURAN PAGAR AIR ACEH BESAR (Cut Anita, 2016)

HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN SINDROMA DISPEPSIA PADA SISWA/I MADRASAH ALIYAH DAYAH RUHUL ISLAM ANAK BANGSA MATA IE ACEH BESAR (muhammad masykur, 2014)

HUBUNGAN DAYA TAHAN OTOT LENGAN DENGAN KEMAMPUAN LOB BULUTANGKIS PADA SISWA MADRASAH ALIYAH SWASTA JULI KABUPATEN BIREUEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (FAUZI, 2014)

HUBUNGAN ANTARA STRES DENGAN SINDROMA DISPEPSIA PADA MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Echa Putri Nesia, 2014)

GAMBARAN GINGIVITIS REMAJA DENGAN KAJIAN PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) DARUL ULUM BANDA ACEH (Aris Munandar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy