//

PERBEDAAN MICROSTRAIN DENTIN AKAR GIGI SETELAH APLIKASI CHELATING AGENT (EDTA DENGAN EDTA+UREA PEROKSIDA DAN CARBOWAX)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANITA MAISURI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Anita Maisuri Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Perbedaan Microstrain Dentin Akar Gigi Setelah Aplikasi Chelating Agent (EDTA, EDTA+Urea Peroksida dan Carbowax) Chelating Agent merupakan bahan kedokteran gigi yang biasa digunakan untuk membersihkan dan melebarkan saluran akar. Bahan yang biasa digunakan adalah EDTA dan EDTA+urea peroksida dan Carbowax. Pengaplikasian bahan khelasi mengindikasikan terjadinya peningkatan microstrain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh EDTA dan EDTA+Urea Peroksida dan Carbowax terhadap microstrain dentin akar gigi. Metode penelitian ini menggunakan 15 spesimen dentin akar gigi premolar dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama dijadikan kontrol tanpa perlakuan, kelompok kedua diaplikasikan EDTA 17%, kelompok ketiga diaplikasikan EDTA+Urea Peroksida dan Carbowax berbentuk cream dengan konsentrasi 15%. Kemudian, setiap kelompok gigi dipreparasi menjadi serbuk untuk dilakukan pemeriksaan X-Ray Diffraction (XRD). Data hasil perhitungan dianalisis dengan regresi. Hasil penelitian menunjukkan EDTA dan EDTA+Urea Peroksida dan Carbowax dapat mempengaruhi microstrain dentin akar gigi (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MODIFIKASI KITOSAN MENGGUNAKAN EDTA ANHIDRIDA DAN ARANG AKTIF DARI TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT SERTA APLIKASINYA SEBAGAI ADSORBEN ION LOGAM KADMIUM (Ulfa Audina, 2019)

PERUBAHAN WARNA EMAIL GIGI SETELAH APLIKASI BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI) DAN KARBAMID PEROKSIDA 10% SEBAGAI BAHAN DENTAL BLEACHING. (CUT FAUZIAH, 2015)

PENGARUH LAMA APLIKASI HIDROGEN PEROKSIDA 30% TERHADAP MICROLEAKAGE RESIN KOMPOSIT MIKROHIBRID (Desty Rahayu Darwin, 2015)

TOPOGRAFI DENTIN SETELAH PENYIKATAN DENGAN SODIUM LAURYL SULFATE PADA BERBAGAI DURASI WAKTU DITINJAU DENGAN ATOMIC FORCE MICROSCOPY (Firda Asbarini, 2014)

APLIKASI EKSTRAK BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN BLEACHING ALAMI DITINJAU DARI PERUBAHAN WARNA DAN GAMBARAN MIKROSKOPIS PADA EMAIL GIGI (FLORENCIA LISADI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy