//

GAMBARAN GINGIVITIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS (KAJIAN DI INSTALASI HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRI SRI WAHYUNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Putri Sri Wahyuni Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Gambaran Gingivitis pada Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Terapi Hemodialisis (Kajian di Instalasi Hemodialisis Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh) Gagal ginjal kronik merupakan masalah kesehatan di seluruh dunia. Perawatan yang dilakukan pada pasien gagal ginjal kronik adalah hemodialisis. Pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisis memiliki beberapa manifestasi oral, salah satunya gingivitis. Gingivitis terjadi pada gagal ginjal kronik disebabkan oleh disfungsi trombosit dan efek antikoagulan saat proses hemodialisis. Prevalensi gingivitis pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisis terjadi peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran gingivitis pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisis. Penelitian deskriptif cross sectional ini dilakukan di Instalasi Hemodialisis Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Subjek penelitian berjumlah 99 subjek dengan usia 20-59 tahun yang dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan durasi hemodialisis yaitu selama kurang dari 1 tahun, 1 sampai 3 tahun, dan lebih dari 3 tahun. Data diperoleh dari rekam medik, wawancara, dan pemeriksaan klinis yaitu pemeriksaan gingivitis dan pemeriksaan Oral Hygiene Index-Simplified (OHI-S). Diagnosis gingivitis ditegakkan melalui pemeriksaan perdarahan gingiva dengan menggunakan indeks perdarahan papila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisis mengalami gingivitis dengan gingivitis sedang sebanyak 51 orang (51,5%), gingivitis berat sebanyak 35 orang (35,4%), dan gingivitis ringan sebanyak 13 orang (13,1%). Disimpulkan bahwa seluruh pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisis mengalami gingivitis. Kata Kunci: Gingivitis, Gagal Ginjal Kronik, Hemodialisis

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Nadya Syahana, 2015)

COMPARATIVE STUDY PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK BERDASARKAN LAMANYA MENJALANI HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nana Warhamna, 2016)

HUBUNGAN LAMA WAKTU HEMODIALISIS PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK DENGAN STATUS GIZI DI INSTALASI DIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rizkya Ika Fadilla, 2014)

HUBUNGAN DIABETES MELLITUS DAN NON DIABETES MELLITUS DENGAN SURVIVAL RATE PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH PERIODE 2011-2015 (Nurul Fitria, 2017)

HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT UMUM DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Virdayani, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy