//

APRESIASI MAHASISWA FKIP UNSYIAH TERHADAP PENGGUNAAN BUSANA MOTIF ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MELANNI PURNAMA HASAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul" Apresiasi Mahasiswa FKIP Unsyiah Terhadap Penggunaan Busana Motif Aceh" bertujuan untuk mengetahui penggunaan busana motif Aceh terhadap mahasiswa FKIP Unsyiah diberbagai kesempatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 88 orang yang diperoleh berdasarkan teknik sistematis sampling. Apresiasi mahasiswa FKIP Unsyiah terhadap penggunaan busana motif Aceh adalah pada umumnya mahasiswa (81,8%) atau sebanyak 72 orang sudah pernah dan suka menggunakan busana/pelengkap busana motif Aceh. Diberbagai kesempatan, sebagian kecil mahasiswa (38,6%) yang paling sering menggunakan busana/pelengkap busana motif Aceh yaitu saat ke pesta perkawinan dan (20,5%) saat jalan-jalan. Adapun jenis-jenis busana/pelengkap busana motif Aceh kurang dari setengahnya dimiliki oleh mahasiswa FKIP Unsyiah yaitu lebih dari dua jenis (45,5%), selain itu, mahasiswa Unsyiah lebih dari setengahnya (54,5%) menyukai motif Aceh yang sudah dikombinasi, seperti kurang dari setengahnya (45,5%) perpaduan warna merah, kuning, dan hijau. Faktor yang mempengaruhi mahasiswa FKIP Unsyiah dalam mengapresiasikan busana/pelengkap busana motif Aceh adalah sebagian besar (42%) dikarenakan kemauan dari mahasiswa sendiri, dan (31,8%) karena mengikuti trend/gaya sehingga kurang dari setengah (44,3%) mahasiswa senang terhadap busana tersebut, dan kurang dari setengah mahasiswa (47,7%) lebih menyukai bordiran kerawang yang unik dari produk motif Aceh tersebut, dikarenakan mahasiswa tersebut sudah tahu khas daerah Aceh yang dilihat dari bordirannya yang unik. Itu berarti mahasiswa sudah dapat mengapresiasikan busana motif Aceh tersebut dengan baik. disarankan mahasiswa FKIP Unsyiah agar mempertahankan dan meningkatkan apresiasinya terhadap penggunaan busana motif Aceh, dan jangan mudah terpengaruh oleh budaya lain, cintailah budaya sendiri.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APRESIASI WANITA DEWASA DI GAMPONG LAMSEUPEUNG TERHADAP PEMAKAIAN BUSANA BORDIRAN MOTIF ACEH BESAR (Ch. Yanda Viliangsa, 2018)

DESAIN BUSANA KULIAH BAGI MAHASISWA FKIP UNSYIAH (Lailan Sakinah , 2016)

PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP BUSANA KULIAH MAHASISWA FKIP UNSYIAH (NINA ARI PURNAMA, 2018)

MODEL BAJU KERJA LABORATORIUM UNTUK MAHASISWA TATA BUSANA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PRODI PKK) FKIP UNSYIAH (Wahdina Ulfarisma, 2018)

PENERAPAN PENGETAHUAN BERBUSANA DALAM PENAMPILAN DIRI MAHASISWA TATA BUSANA PKK FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (KHAIRINA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy