//

HUBUNGAN POLA PEMBERIAN OBAT ANTIPSIKOTIK TERHADAP EFEK SAMPING PARKINSONISME PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI BLUD RUMAH SAKIT JIWA ACEH TAHUN 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Adithia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Efek samping parkinsonisme merupakan suatu bagian dari sindrom ekstrapiramidal yang muncul akibat penggunaan antipsikotik. Skizofrenia merupakan gangguan jiwa berat yang ditandai oleh dua atau lebih tanda tanda halusinasi, pembicaraan tidak teratur, sikap katakonik, emosi negatif seperti kehilangan ekspresi emosi. Gangguan di jaras nigrostriatal oleh penggunaan antipsikotik dapat mencetus timbulnya efek samping parkinsonisme pada pasien skizofrenia. Pola penggunaan antipsikotik, antipsikotik tipikal ataupun antipsikotik yang melebihi dosis dapat menimbulkan efek samping parkinonisme. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola pemberian obat antipsikotik terhadap efek samping parkinsonisme pada pasien skizofrenia di Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Jiwa Aceh tahun 2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 501 pasien yang terdiri atas 222 pasien dengan pola pengobatan monoterapi dan 279 pasien dengan pola pengobatan polifarmaka. Pengumpulan data dilakukan melalui rekam medik pasien. Hasil penelitian menunjukkan jumlah pasien dengan efek samping parkinsonisme adalah 258 orang (51,5%). Jenis antipsikotik yang paling banyak diberikan adalah kombinasi antipsikotik atipikal berjumlah 108 (37,3%). Pola pengobatan yang mendominasi pasien dengan efek samping parkinsonisme adalah polifarmaka sebanyak 152 (59%). Jenis kelamin pasien dengan efek samping parkinsonisme paling banyak ditemukan adalah laki laki dengan jumlah 204 pasien (79%). Kelompok usia yang paling banyak ditemukan pada pasien dengan efek samping parkinsonisme adalah 25-45 tahun dengan jumlah 179 pasien (69,4%). Hasil analisis dengan metode chi-square menunjukkan adanya hubungan pola pemberian obat antipsikotik terhadap efek samping parkinsonisme pada pasien skizofrenia dengan nilai signifikansi 0,010 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN SINDROM PARKINSONISME TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI BLUD RUMAH SAKIT JIWA BANDA ACEH (Reza Hafiyyan, 2017)

HUBUNGAN PEMBERIAN ANTIPSIKOTIK RISPERIDON DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN SKIZOFRENIA DI BLUD RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Reiza Muhammad, 2015)

GAMBARAN DERAJAT KEPARAHAN AKATHISIA AKIBAT PENGGUNAAN ANTIPSIKOTIK DIUKUR DENGAN METODE PRINCE HENRY HOSPITAL AKATHISIA DI BLUD RSJ ACEH (Febrina Yolanda, 2015)

ANALISIS HUBUNGAN KETEPATAN PENGGUNAAN ANTIPSIKOTIK DENGAN KEJADIAN EKSTRAPIRAMIDAL PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT JIWA ACEH (MUHAMMAD RAFIF HARZIWI, 2019)

HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN GANGGUAN JIWA SKIZOFRENIA PARANOID DI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Nurul Atikah Sinaga, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy