//

KAJIAN DISTRIBUSI PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA ACEH TERHADAP PROGRAM KEBENCANAAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmat Fitriyanto - Personal Name
SubjectDISASTER - SOCIAL SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Ilmu Kebencanaan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Aceh memiliki ancaman risiko bencana yang sangat kompleks, baik bencana Alam maupun non alam. Hal utama yang harus dilakukan dalam meminimalisir dampak kerugian bencana yaitu dengan mitigasi bencana. Mitigasi bencana merupakan serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana (Pasal 1 ayat 6 PP No 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana). Salah bentuk dari mitigasi bencana yaitu dengan adanya program kebencanaan pada instansi-instansi terkait yang mampu menanggulangi masalah kebencanaan. Untuk melihat distribusi program kebencanaan pada instansi dilihat dari Anggaran Pendapatan belanja Aceh (APBA). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan mengkaji program pemerintah Aceh dalam upaya penanggulangan bencana dan Mengkaji komposisi dari distribusi APBA dalam upaya penanggulangan bencana di pemerintah Aceh. adapun metodologi yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif-kuantitatif dengan data-data yang di dapatkan kemudian di diskripsikan melalui grafik dan pie chart dan diperkuat dengan wawancara pihak pemerintah. Adapun hasil analisis yang telah dilakukan, didapatkan nilai persentase distribusi APBA terhadap program kebencanaan tertinggi yaitu pada tahun 2014 Badan Penanggulangan Bencana Aceh sebanyak 86.10 % dan dinas pengairan sebanyak 56.15 %. Serta tingkat persentase terendah yaitu pada Badan Pemberdayaan Masyarakat sebanyak 1.87 % Secara umum Program kebencanaan sudah terdistribusi pada 13 instansi namun sesuai dengan tupoksi instansi. Kata Kunci : Distribusi, program kebencanaan, APBA, Mitigasi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN MEDIA MONOPOLY BERVISI SETS PADA BIDANG STUDI GEOGRAFI MATERI MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA SEBAGAI INOVASI DALAM PENDIDIKAN KEBENCANAAN (Andika Triwidada, 2018)

PENGARUH PERUBAHAN ANGGARAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN PERUBAHAN ANGGARAN DANA BAGI HASIL TERHADAP PERUBAHAN ANGGARAN BELANJA MODAL PADA BIDANG KESEHATAN KABUPATEN/KOTA DI ACEH (Cut Ratnasari, 2017)

PENGARUH SISA ANGGARAN, PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA BAGI HASIL, DANA ALOKASI UMUM, DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP BELANJA MODAL FUNGSI PENDIDIKAN (STUDI PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI ACEH) (Diah Febriani, 2017)

PROSEDUR PENYUSUNAN ANGGARAN BELANJA PADA DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA BANDA ACEH (MUJIBUR RAHMAN, 2016)

PENGARUHSISA ANGGARAN TAHUN LALU, PERUBAHAN ANGGARAN TAHUN SEBELUMNYA DAN BESARAN ANGGARAN (BUDGET SIZE) TERHADAP PERUBAHAN ANGGARAN BELANJA SKPA PADA PEMERINTAH ACEH. (YENNI TRIANA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy