//

BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SURYA KANTA - Personal Name
SubjectSCHOOL MANAGEMENT
ORGANIZATIONAL CULTURE
TEACHERS - PERFORMANCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDA ACEH Oleh: Surya Kanta NIM: 1309200050018 Komisi Pembimbing : 1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd. 2. Dr. Bahrun, M. Pd. ABSTRAK Budaya organisasi sekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi sistem manajemen sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pembinaan disiplin, persepsi dan pemberian motivasi sebagai bagian dari budaya organisasi, perilaku dalam melaksanakan budaya sekolah, dan faktor-faktor penghambat yang muncul dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, dewan guru, dan pegawai administrasi sekolah. Lokasi penelitian adalah SMA Laboratorium Unsyiah dan SMA Negeri 4 Kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pola pembinaan disiplin pada kedua SMA tersebut telah dijalankan sesuai dengan peraturan yang ada. Pembinaan disiplin dilakukan dengan pendekatan persuasif, lewat pengawasan, membimbing dan memberi pengarahan, dan pemberian sanksi sesuai tingkat pelanggaran. (2) Cara pemberian motivasi pada kedua SMA tersebut telah berjalan dengan efektif, namun tidak ada pemberian sertifikat, bonus, dan honor apabila para guru dan personil sekolah menjalankan tugas yang dibebankan dengan baik. (3) Hubungan perilaku antara personil sekolah di kedua SMA tersebut dilaksanakan dalam bentuk interaksi formal dan informal, serta berjalan dengan kondusif. Hubungan kerja terjalin lewat budaya kerja sama, budaya transparansi, budaya kepedulian, budaya saling menghargai, dan kegiatan-kegiatan sekolah yang meningkatkan solidaritas para personil sekolah. (4) Hambatan yang ditemukan pada kedua SMA tersebut dalam meningkatkan kinerja adalah budaya disiplin kerja yang belum maksimal diperlihatkan oleh para guru. Kata kunci: Budaya Organisasi Sekolah dan Kinerja Guru

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDA ACEH (Aisarah Silma, 2019)

PENGARUH ORGANISASI PEMBELAJARAN, GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN ACEH (MAISARAH, 2018)

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMUNIKASI, KEPEMIMPINAN DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA DINAS PENGAIRAN PROVINSI ACEH (Aswandi Saputra, 2018)

KINERJA GURU DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA RNORGANISASI DI SMP NEGERI 1 TRIENGGADENG RNKABUPATEN PIDIE JAYA (Nurhayati, 2015)

IKLIM ORGANISASI DAN KINERJA ORGANISASI KANTOR CAMAT DI KOTA BANDA ACEH (Rahmatun Husna, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy