//

SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MIN 2 KOTA TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DEDY MUSTAFID - Personal Name
SubjectTEACHERS
PRINCIPALS
ACADEMIC SUPERVISI
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Pascasarjana
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MIN 2 KOTA TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH Oleh : Dedy Mustafid NIM : 1309200050026 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Khairuddin, M. Pd. 2. Dr. Sakdiah Ibrahim, M. Pd. ABSTRAK Dalam meningkatkan kinerja guru, sangat dipengaruhi oleh peran kepala madrasah sebagai supervisor melalui supervisi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru, pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru, dan tindak lanjut supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala madrasah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru telah terprogram yang meliputi kelengkapan administrasi guru, peningkatan penguasaan metode pembelajaran, penguasaan model-model pembelajaran serta penguasaan sistem penilaian hasil belajar; (2) Pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru dilaksanakan berdasarkan program yaitu perlengkapan administrasi guru yang meliputi Silabus, RPP, program tahunan, program semester, KKM. Penggunaan metode pembelajaran, penguasaan model-model pembelajaran. Sedangkan penguasaan sistem penilaian hasil belajar belum terlaksana dengan baik dan akan diprogramkan kembali. Pelaksanaan supervisi akademik menggunakan teknik individual dan teknik kelompok; dan (3) Tindak lanjut yang dilakukan kepala madrasah dengan memberikan pembinaan pada guru yang belum memenuhi standar serta penghargaan pada guru yang memenuhi standar. Permasalahan guru yang belum terlaksana dengan baik yaitu penguasaan penilaian hasil belajar akan diprogramkan kembali untuk program supervisi akademik tahun selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada MIN 2 Kota Takengon belum terlaksana dengan baik dalam peningkatan kinerja guru. Kata Kunci: Supervisi Akademik dan Kinerja Guru.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU IPS PADA SMP NEGERI KABUPATEN GAYO LUES (Masitah Br S., 2016)

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR PADA GUGUS I UPTD DEWANTARA ACEH UTARA (Syukri, M. Pd, 2015)

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM RANGKA PENINGKATAN KINERJA GURU KIMIA DI SMAN 1 TEUNOM ACEH JAYA (Wasmaini Budiarti, 2015)

SUPERVISI AKADEMIK KEPALASEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DISMA NEGERI I BLANG PIDIE (Jalisal Efendi, 2017)

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI 52 BANDA ACEH (NUR MANEH, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy