//

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI MOTORIK HALUS DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK PERTIWI KECAMATAN LHOKNGA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOVI INTAN MELANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti keluarga. Ibu sebagai orang tua sangat berperan dalam melatih perkembangan anak. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu tentang stimulasi motorik halus dengan perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di TK Pertiwi Kecamatan Lhoknga. Jenis penelitian ini adalah Analitik Observasional dengan rancangan Cross Sectional. Sampel diperolah menggunakan teknik Total Sampling sebanyak 54 anak usia prasekolah dan 54 ibu. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa format test DENVER II dan kuesioner pengetahuan ibu tentang stimulasi motorik halus dengan jumlah 20 pertanyaan. Analisa data menggunakan uji Spearman. Hasil uji hubungan antara pengetahauan ibu tentang stimulasi motorik halus dengan perkembangan motorik halus anak usia prasekolah diperoleh nilai r s = 0,325 dengan p value = 0,016. Kesimpulannya adalah ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang stimulasi motorik halus dengan perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di TK Pertiwi Kecamatan Lhoknga. Kata kunci : Pengetahuan ibu, stimulasi motorik halus, perkembangan motorik halus, Anak Usia Prasekolah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGASUHAN ORANGTUARNDALAM PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGANRNMOTORIK HALUS PADA ANAK USIA TODDLERRNDI PAUD KECAMATAN BANDA RAYARNBANDA ACEH TAHUN 2014 (Tiurma Setia, 2014)

HUBUNGAN PERAN AYAH DALAM STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (MAULIDA NURLIZA, 2016)

HUBUNGAN STIMULASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) OLEH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA PRASEKOLAH KEMUKIMAN LAMLHEU KECAMATAN SUKAMAKMUR ACEH BESAR (Cinda Syahbrina Riska, 2016)

MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBUAT LUKISAN DARI DAUN KERING DI PAUD HARAPAN BUNDA ACEH BESAR (Khairati, 2019)

HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK MENGGUNAKAN DENVER DEVELOPMENT SCREENING TEST (DDST) PADA BAYI USIA 6-12 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (Siti Hariaty Putri, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy