//

ANALISIS PENGARUH FAKTOR KUALITAS AIR TERHADAP RESIKO PENYAKIT WHITE SPOT SYNDROME VIRUS (WSSV) PADA UDANG VANNAMEI (LITOPENAEUS VANNAMEI) DI KECAMATAN PEUDADA KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZULPIKAR - Personal Name
SubjectWATER
SHRIMPS - CULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Kesehatan Masyarakat Veterineer (Pascasarjana)
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Indonesia memiliki potensi perairan budidaya yang cukup besar. Potensi ini meliputi budidaya ikan di perairan tawar, payau dan laut. Selain itu, kebutuhan konsumsi ikan global pun akan terus meningkat dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk dan makin sadarnya konsumen untuk mengkonsumsi ikan. Salah satu jenis budidaya perikanan yang dikembangkan di Indonesia adalah udang vannamei. Usaha budidaya udang banyak dilakukan di Provinsi Aceh, khususnya di Kabupaten Bireuen. Namun demikian, ancaman WSSV pada udang vannamei menjadi kendala tersendiri bagi para petani tambak khususnya udang. Sampai saat ini sangat minim data yang tersedia terkait penyakit WSSV pada udang vannamei, khususnya di Aceh. Suatu penelitian dilakukan di Kecamatan Peudada di wilayah Kabupaten Bireuen dipilih karena kecamatan ini merupakan awal masuknya udang vannamei dari luar Provinsi Aceh. Diperkirakan tingkat kejadian penyakit akan lebih tinggi bila dilakukan studi di kecamatan yang terdapat dalam Kabupaten tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi serta kualitas air yang mempengaruhi serangan WSSV pada udang vannamei di tambak dalam kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen. Metode yang digunakan adalah studi observasi cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pembudidaya udang vannamei, sementara sampelnya adalah tambak udang yang dipilih dengan menggunakan probability proposional to size sampling (PPS). Pengisian kuisioner dilakukan kepada responden menggunakan teknik wawancara. Diagnosa penyakit WSSV pada udang vannamei dilakukan dengan melihat gejala klinis, dan dilanjutkan secara histologis. Data dianalisa secara menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prevalensi penyakit WSSVdi kecamatan Peudada 6%, kemudian diketahui juga bahwa salinitas dan sumber air berpengaruh terhadap infeksi penyakit WSSV (P

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN USAHATANI UDANG PUTIH (LITOPENAEUS VANNAMEI) UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) DI KECAMATAN DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA (Al-Furqan, 2017)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA UDANG VANNAMEI (LITOPENAEUS VANNAMEI) DI KABUPATEN ACEH BESAR (nurlaila, 2016)

UJI VIRULENSI ISOLAT WSSV (WHITE SPOT SYNDROME VIRUS) YANG BERBEDA TERHADAP UDANG PISANG (PENAEUS SP.) SECARA HISTOPATOLOGI (Zahria Zurrah, 2015)

PENERAPAN SISTEM PERTAMBAKAN SEMI-INTENSIF UDANG VANNAMEI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI UDANG DI DESA UJUNG BLANG MESJID KECAMATAN KUALA KABUPATEN BIREUEN (Aidil Akbar, 2016)

ANALISIS KADAR LOGAM BERAT PLUMBUM (PB) YANG TERPAPAR PADA DAGING DAN KULIT UDANG VANAME (LITOPENAEUS VANNAMEI BOONE) (RIZA DANIYATI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.