//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRNA MAULIDAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: perbandingan, hasil belajar, Group Investigation, Think Pair Share, geografi. Penelitian yang berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas X SMA Negeri 1 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar” ini mengangkat masalah apakah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model Think Pair Share pada mata pelajaran geografi di kelas X SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model Think Pair Share pada mata pelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Ingin Jaya yang berjumlah 118 siswa. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yang berjumlah 38 siswa, yang terdiri dari dua kelas. Kelas Eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan pengolahan data menggunakan statistik uji-t. Hasil perhitungan diperoleh thitung = -0,0491 sedangkan ttabel = 1,68 pada taraf signifikansi 0,05 dengan dk = n1 + n2 - 2 = 18 + 20 – 2 = 36. Jadi thitung ˂ ttabel, maka H0 diterima. Simpulan yang diperoleh adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi dengan menggunakan model pembelajaran tipe Group Investigation sama dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Disarankan kepada para guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan Think Pair Share dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE CHANGE OF PAIRS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (FAHMI RIJA ARHAS, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (NURUL HUSNA, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI-IIS DI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Cut Nurasma, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (LISA RAMADHANI, 2015)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN UJONG KUTA (Murni Asdar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy