//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN NON QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 3 PEUREULAK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Iqbal Khadafi Phonna - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Hasil belajar, pembelajaran Quantum Teaching, Seni musik Penelitian ini berjudul “ Perbandingan Hasil Belajar Seni Musik Dengan Menggunakan Model Quiantum Teaching dan Non Quantum Teaching di SMPN 3 Peureulak”. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perbandingan hasil belajar seni musik dengan menggunakan model Quantum Teaching dan dengan tidak menggunakan model Quantum Teaching di kelas VIII SMP N 3 Peureulak ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan hasil belajar seni musik pada siswa dengan menggunakan model Quantum Teaching dan dengan tidak menggunakan model Quantum Teaching pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mencoba menerapkan sebuah model yang baru dalam pembelajaran seni musik secara sistematis, faktual dan aktual. Lokasi penelitian ini di SMPN 3 Peureulak, dengan populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Peureulak berjumlah 120 siswa, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Peureulak sebanyak 2 kelas dengan rincian siswa 〖VIII〗_A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 17 orang dan siswa kelas 〖VIII〗_B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes terhadap dua sampel. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan statistik uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari perhitungan statistik tersebut. Maka diperoleh t_hitung = 3,29 sedangkan harga t_(tabel 0,95(33) )=1,69. Hal ini berarti bahwa harga t_hitungyang diperoleh dari hasil penelitian lebih besar dari pada harga t_(tabel,) maka dalam analisis data diperoleh nilai 3,29>1.69, maka peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari pada model pembelajaran non Quantum Teaching. Dilihat dari rata-rata masing-masing kelompok dapat diketahui bahwa rata-rata siswa kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Quantum Teaching lebih besar dari nilai rata-rata siswa kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran non Quantum Teaching yaitu 80,67 > 75,38. Dengan demikian maka model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran non Quantum Teaching dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran seni musik di SMPN 3 Peureulak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)

PENCAPAIAN KETUNTASAN KLASIKAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Novita Uliati, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NAZARIATUN NAJMI, 2015)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHINGPADA MATERI LARUTAN PENYANGGADI KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Gita Annisa Desiana, 2017)

PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL (Desi Aria Mustika, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy