//

HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN PENGETAHUAN TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA TSUNAMI PADA MASYARAKAT DESA PUNGE UJONG KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ICHA PRASETINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kesiapsiagaan merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui perorganisasian serta langkah yang tepat dan berdaya guna. Sedangkan konsep diri adalah pandangan individu terhadap dirinya. Dengan adanya konsep diri yang baik maka seseorang dapat termotivasi untuk bersikap siaga. Selain itu, pengetahuan yang baik juga menjadi faktor yang berpengaruh dalam peningkatan kesiapsiagaan bencana. Tujuan penulis adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dan pengetahuan terhadap kesiapsiagaan bencana tsunami pada masyarakat Desa Punge Ujong Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Penelitian ini bersifat analitik dengan teknik pengambilan sampel secara Non-Probability dengan metode quota sampling. Data dianalisis dengan menggunakan metode bivariat yaitu uji Chi-Square. Dari hasil analisis hubungan konsep diri terhadap kesiapsiagaan bencana menunjukkan p-value 0,000 dimana terdapat hubungan antara konsep diri terhadap kesiapsiagaan bencana. Hasil analisis hubungan antara pengetahuan terhadap kesiapsiagaan bencana menunjukkan p-value 0,043 terdapat hubungan antara pengetahuan terhadap kesiapsiagaan bencana. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan pengetahuan terhadap kesiapsiagaan bencana tsunami pada masyarakat Desa Punge Ujong Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Kata Kunci : Kesiapsiagaan Bencana, Tsunami, Konsep Diri, Pengetahuan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI (STUDI KASUS : DESA LAMPASEH ACEH, DESA PUNGE UJONG DAN DESA PUNGE JURONG, KECAMATAN MEURAXA, KOTA BANDA ACEH) (Riky Rivinaldi, 2016)

KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT ‘DESA SIAGA BENCANA’ DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Febriana, 2016)

PENGARUH KONSEP DIRI DAN PENGETAHUAN SISWA TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMIRNDI SDN 27 DAN MIN MERDUATI BANDA ACEH (CHAIRUMMI, 2014)

HUBUNGAN PENGALAMAN KEJADIAN TSUNAMI TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA MASYARAKAT DI GAMPONG JEULINGKE KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Susi Safinah, 2015)

HUBUNGAN LOCAL KNOWLEDGE TERKAIT BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI TERHADAP PERINGATAN DINI PADA GURU DI SEKOLAH KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (eka yunita, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy