//

PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PADA PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fatmazahratun Nuraini - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Media kartu huruf bergambar, kemampuan membaca. Penelitian yang berjudul “Penggunaan Media Kartu Huruf bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak pada PAUD Nurul Hidayah Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar” ini mengangkat masalah bagaimana meningkatkan kemampuan membaca melalui penggunaan media kartu huruf bergambar? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui penggunaan media kartu huruf bergambar pada PAUD Nurul Hidayah Aceh Besar. Media kartu huruf bergambar yaitu kartu yang memuatkan huruf dan gambar yang sesuai huruf. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak-anak di lembaga PAUD Nurul Hidayah Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 10 anak, terdiri atas 6 laki-laki dan 4 perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan unjuk kerja. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf bergambar berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan membaca anak pada lembaga PAUD Nurul Hidayah Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Pra tindakan belum dijumpai anak yang berkemampuan membaca berkembang dengan baik, begitu juga pada siklus I dan siklus II kemampuan membaca anak pada tingkat berkembang sangat baik (BSB) mengalami peningkatan menjadi 3 anak. Disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan membaca anak dilakukan dengan menggunakan media kartu huruf bergambar dan guru memberikan pertanyaan dengan menunjukkan gambar yang tertera di kartu dengan menutupi tulisan ataupun sebaliknya kemudian anak menyebutkan nama huruf atau gambar yang tertera dimedia kartu huruf bergambar. Disarankan penelitian yang berhubungan dengan kemampuan membaca dengan penggunaan media kartu huruf bergambar pada PAUD/TK dapat dilanjutkan oleh peneliti lain sehingga dapat terungkap melalui penelitian ini.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF ALPHABET PADA PAUD ALFITRAH KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Harlinda, 2015)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA DI PAUD NURUL HIDAYAH ACEH BESAR (Rizka Marputri, 2016)

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF MELALUI APE BKARTU ANGKA BERGAMBAR DI TK BUNGONG SEULANGA LAMTEUBA DRO KABUPATEN ACEH BESAR (Zaiyannal Isma, 2016)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR DI PAUD TGK CHIK MURHABAN LAMTEUBA ACEH BESAR (Jusbita, 2018)

MEMPERKENALKAN HURUF ABJAD MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR PADA ANAK TK SATU ATAP SDN 2 LAMTEUBA KABUPATEN ACEH BESAR (Ellizyar Sahnun, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy