//

PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI TK ISLAM TERPADU AL-AZHAR BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUSRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : nilai karakter, mandiri, anak usia dini, metode bercerita Penelitian ini berjudul “Pengembangan nilai karakter anak melalui metode bercerita di Tk Islam Terpadu Al-Azhar Banda Aceh” dengan mengangkat masalah bagaimanakah pengembangan nilai karakter mandiri anak melalui metode bercerita? dan bagaimanakah keaktifan anak dalam pengembangan nilai karakter mandiri melalui metode bercerita di kelas B4 TK Islam Terpadu Al-Azhar Banda Aceh?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangkan nilai karakter mandiri anak melalui metode bercerita dan untuk mengetahui keaktifan anak dalam pengembangan nilai karakter mandiri melalui metode bercerita di kelas B4 TK Islam Terpadu Al-Azhar Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 orang anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini memfokuskan pada tiga aspek pengembangan nilai karakter mandiri anak yaitu kemandirian anak ke kamar kecil, kemandirian dalam kegiatan berwudhu dan kemandirian meruncingkan pensil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pada siklus 1 pengembangan kemampuan anak yang berkembang sesuai harapan dan yang berkembang sangat baik pada ketiga aspek berjumlah 17 anak (53,1%). Pada Siklus II terjadi peningkatan rata-rata pada ketiga aspek kegiatan yaitu meningkat menjadi 30,7 orang ( 95,9%). Sedangkan keaktifan anak siklus 1 dan siklus II berkembang pada ketiga aspek dalam setiap indikator yang diamati. Dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dapat mengembangkan nilai karakter anak usia dini. Sebaiknya metode bercerita dapat digunakan untuk mengembangkan nilai-nilai karakter lain serta buku cerita yang dibacakan disesuaikan dengan nilai karakter yang ingin dikembangkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TK BUNGA BANGSA (Nova Novita, 2018)

PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD BAYYINAH ACEH BESAR (Maulida, 2019)

PERBANDINGAN STATUS GIZI ANTARA MURID LAKI-LAKI DAN MURID PEREMPUAN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-AZHAR SYIAH KUALA BANDA ACEH (Resi Devi Yanti, 2014)

HUBUNGAN PERILAKU MENONTON DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-AZHAR KOTA BANDA ACEH (DEBBI APRILIA, 2017)

MENINGKATKAN NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA ISLAMI DI TK PEMDA NEUSU JAYA BANDA ACEH (Roidah Pasaribu, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy