//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP N 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANNISA FITRIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : pembelajaran, problem solving, prezi, hasil belajar, IPS Terpadu Salah satu masalah permasalahan yang dialami oleh sebagian besar siswa dalam pembelajaran adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Hal ini berhubungan dengan model pembelajaran konvensional, oleh karena itu perlu diterapkan model problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar siswa; (2) Keterampilan guru; (3) Aktivitas guru dan siswa; dan (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran problem solving berbantuan prezi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 2 Banda Aceh yang terdiri dari 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, tes hasil belajar siswa, dan angket respon siswa menggunakan model pembelajaran problem solving yang telah dilaksanakan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Persentase ketuntasan individual pada siklus I yaitu 62 persen dan pada siklus II 89 persen. Secara klasikal persentase ketuntasan pada siklus I yaitu 60 persen, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90 persen; (2) Aktivitas guru dan siswa dikatakan meningkat dari siklus I ke siklus II; (3) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 2,8 dengan kategori baik, pada siklus II dikategorikan sangat baik dengan skor 3,6; dan (4) Respon siswa positif terhadap penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan media prezi. Hal ini terlihat dari respon siswa terhadap cara guru menerangkan materi pelajaran 89 persen mengatakan menarik; 100 persen respon siswa mengatakan model pembelajaran baru; 93 persen siswa mengatakan penerapan model problem solving berbantuan prezi dapat memperjelas pemahaman terhadap materi pelajaran; Berkaitan dengan komponen-komponen pembelajaran, 100 persen siswa mengatakan materi yang dipelajari menarik; 86 persen soal yang digunakan baik; 89 persen siswa mengatakan suasana kelas menyenangkan; dan 100 persen siswa mengatakan penampilan guru menarik. Berkaitan dengan minat untuk mengikuti pelajaran berikutnya, 82 persen siswa menjawab berminat. Penggunaan model pembelajaran problem solving berbantuan media prezi dapat memperjelas pemahaman siswa menjawab 96 persen.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REASONING AND PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 1 TAMIANG HULU KABUPATEN ACEH TAMIANG (Ruasniati, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PREZI DENGAN MEDIA POSTER PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII MTSN 2 BANDA ACEH (Intan Mulia Sari, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Widya Mardiah, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA NEGERI 2 BANDA ACEH (Resa Damayanti, 2016)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy