//

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA ANAK THALASEMIA BETA MAYOR DI BLUD RUMAH SAKIT ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SHABRINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Thalasemia merupakan penyakit kronik yang memerlukan pengobatan seumur hidup untuk meningkatkan harapan hidupnya. Efek dari penyakit dan pengobatan tersebut dapat mempengaruhi kualitas hidup penderita. Kualitas hidup anak thalasemia lebih buruk dari pada kualitas hidup anak sehat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional yang bertujuan untuk meneliti hubungan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup anak thalasemia. Penelitian ini melibatkan 40 responden dan dilakukan di Sentral Thalasemia BLUD RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh pada bulan Mei-Juni tahun 2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Non Probability Sampling dengan Metode Accidental Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah anak thalasemia beta mayor yang berumur 5-18 tahun dan didampingi oleh orang tuanya di Sentral Thalasemia BLUD Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner 4.0 Generic Core Scales dan kuesioner dukungan keluarga. Analisa data yang digunakan adalah Fisher's Exact Test dengan tingkat kemaknaan α=0,05. Dari hasil penelitian didapatkan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup anak thalasemia beta mayor, dengan p-value = 0,029 dan Ratio Pravalence (RP): 2,6. Kualitas hidup beresiko meningkat 2,6 kali pada anak dengan dukungan keluarga rendah dan fungsi sekolah merupakan kualitas utama yang memburuk pada anak. Kata kunci: Dukungan Keluarga, Thalasemia, Kualitas Hidup

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN USIA DAN KUALITAS HIDUP TERHADAP SINDROM DEPRESI PADA PENDERITA THALASSEMIA BETA MAYOR DI INSTALASI SENTRAL THALASSEMIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (nasyirah, 2014)

GAMBARAN STATUS KARIES GIGI (INDEKS DMF-T) PADA PASIEN THALASEMIA BETA MAYOR DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Reka Oktiana Dewi, 2017)

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI TERHADAP PERKEMBANGAN SEKS SEKUNDER PADA ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI SENTRAL THALASEMIA RSUDZA BANDA ACEH (Fahmiati Arifna, 2017)

HUBUNGAN HB PRETRANSFUAI TERHADAP KUALITAS HIDUP ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI RSUDZA BANDA ACEH (Miftahul Rauhan, 2019)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Nur Azmi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy