//

KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN PLANKTON DI PERAIRAN TELUK BALOHAN SABANG PULAU WEH ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T. Faizul Anhar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan dan keanekaragaman plankton dan hubungannya dengan parameter fisik-kimia perairan. Penelitian telah dilakukan pada bulan Oktober 2015 di perairan Teluk Balohan Pulau Weh Sabang. Pengambilan sampel plankton dilakukan pada 6 stasiun pengamatan dengan menggunakan plankton-net. Identifikasi plankton dilakukan di Laboratorium Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Syiah Kuala. Kelas yang ditemukan sebanyak 11 kelas yang berasal dari kelas Bacillariopyceae, Dinophyceae, Fragilariophyceae, Mediophyceae, Trilobita, Maxillopoda, Coscinodiscophyceae, Oligohymenophorea, Cryptophyceae, Chrysophyceae, dan Crustacea. Kelas Bacillariophyceae tergolong tinggi pada siang hari dengan kelimpahan rata-rata 360772 ind/L, sedangkan kelas Dinophyceae tertinggi pada malam hari yang berkisar 468674 ind/L. Kelimpahan Plankton di perairan ini tidak ada perbedaan signifikan dan jumlahnya relatif stabil dikarenakan karakteristik teluk ini yang terbuka. Sehingga tidak adanya stratifikasi pada perairan ini. Indeks keanekaragaman tertinggi ditemukan pada stasiun 1 dengan nilai indeks Keanekaragaman berjumlah 3,5925, dan pada malam hari terdapat pada stasiun 2 sebanyak 3,2135 termasuk kedalam kategori tinggi. Berdasarkan Principal Component Analysis diketahui bahwa terdapat pengaruh dari parameter fisik-kimia terhadap kelimpahan plankton di perairan Teluk Balohan Pulau Weh Sabang. Kata kunci: Plankton, Kelimpahan, Keanekaragaman, Teluk Balohan Sabang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEANEKARAGAMAN DAN KESAMAAN PLANKTON PADA EKOSISTEM MANGROVE PULO SAROK KECAMATAN SINGKIL, KABUPATEN ACEH SINGKIL (muhammad aidil, 2016)

KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHAN ZOOPLANKTON DI TELUK SABANG PULAU WEH PROVINSI ACEH BERDASARKAN DISTRIBUSI VERTIKAL (nanda aulia fuadi, 2014)

KEANEKARAGAMAN PLANKTON DI MUARA SUNGAI GAMPONG TANJONG KERAMAT KECAMATAN BANDA MULIA KABUPATEN ACEH TAMIANG (Ananda Takwim, 2016)

KEANEKARAGAMAN DAN DOMINANSI PLANKTON DI ESTUARI KUALA RIGAIH KECAMATAN SETIA BAKTI KABUPATEN ACEH JAYA (rahmatullah, 2016)

JENIS DAN KELIMPAHAN FITOPLANKTON DI PERAIRAN LAGUNA GAMPONG PULOT KECAMATAN LEUPUNG ACEH BESAR (TM. Marman, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy