//

PRODUKSI ASAM SITRAT DARI ASPERGILLUS NIGER MENGGUNAKAN MEDIA KULIT PISANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aulia Maktsum - Personal Name

Abstrak/Catatan

Asam sitrat adalah produk pertama yang dihasilkan dalam siklus Krebs yang berguna dalam industri farmasi, kosmetik, makanan dan minuman. Asam sitrat ini dapat diproduksi oleh jamur Aspergillus niger melalui fermentasi permukaan dengan menggunakan media kulit pisang ayam (Musa acuminata), kulit pisang raja (Musa paradisiaca cv. Raja, genom AAB) dan kulit pisang nipah (Musa balbisiana) sebagai sarana media pertumbuhannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan produksi asam sitrat dari masing-masing media fermentasi serta melihat perbedaan nilai pH dan biomassa total pada media. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa asam sitrat paling optimal dihasilkan pada media kulit pisang raja. Nilai biomassa total pada media kulit pisang ayam, kulit pisang raja dan kulit pisang nipah secara berturut-turut adalah 2,442, 2,649 dan 2,407. Nilai pH pada media fermentasi secara berurutan adalah 2,50, 1,50 dan 2,00. Persen asam sitrat dari masing-masing media fermentasi adalah 58,80%, 69,84% dan 46,80%. Lamanya waktu fermentasi (10 hari) mendukung produksi optimal asam sitrat pada media kulit pisang raja dibandingkan media kulit pisang ayam dan nipah. Kata kunci: Asam sitrat, Aspergillus niger, Musa acuminata, Musa paradisiaca cv. Raja, genom AAB, Musa balbisiana.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH LAMA INKUBASI TERHADAP KADAR FITOESTROGEN PADA AMPAS KEDELAI YANG DIFERMENTASI ASPERGILLUS NIGER (Resi Husnul Annisa, 2015)

PEMBUATAN KERTAS INDIKATOR ASAM-BASA DARI KULIT BUAH SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA BANDA ACEH (Imran Nazar, 2016)

KARAKTERISASI α-AMILASE ASPERGILLUS SP. ASAL BONGGOL PISANG (Rizka Ananda, 2016)

PEMBUATAN BIOETANOL DARI KULIT PISANG KEPOK DENGAN FERMENTASI MENGGUNAKAN SACCHAROMYCES CEREVISIAE (Nanda Syah Putra, 2018)

PENGARUH PENGUPASAN DAN LIMBAH BERBAGAI VARIETAS BUAH PISANG (MUSA PARADISIACA L.) TERHADAP KUALITAS MOL (MIKROORGANISME LOKAL) (Fitri Marfiranita, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy