//

ANALISIS SEMIOTIKA FOTO JURNALISTIK MENGENAI BANJIR ACEH (STUDI FOTO JURNALISTIK DI MEDIA ONLINE ACEHKITA EDISI 1 NOVEMBER SAMPAI 25 NOVEMBER 2014)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KHAIRUL MUBARAQ - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian dengan judul Analisis Semiotika Foto Jurnalistik Mengenai Banjir Aceh (Studi foto-foto jurnalistik di media online Acehkita edisi 1 November sampai 25 November 2014) ini untuk mengetahui makna dari foto banjir Aceh yang terjadi di akhir tahun 2014 pada media online Acehkita. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yang mengacu terhadap dua tanda (konotasi dan denotasi) untuk memahami makna yang t erkandung didalam foto-foto banjir Aceh pada 1 November sampai 25 November 2014 di media online Acehkita. Sampel yang digunakan selama periode penelitian berjumlah lima foto. Denotasi lima foto banjir Aceh menunjukkan makna yang jelas. Kelima foto sampel yang dianalisis, tidak semuanya memiliki keenam prosedur semiotika konotasi Roland Barthes, tetapi ada beberapa prosedur yang lebih ditonjolkan seperti Trick Effect, Object, Photogenia. Hal ini terlihat pada cropping sebagian foto, pengaturan warna dan cahaya k amera, objek utama ditonjolkan, cara fotografer mengambil gambar, serta keterangan foto yang bersifat mengarahkan pembaca. Mitos dilihat dari tanda yang tersembunyi dalam foto. Foto bencana banjir Aceh termasuk dalam foto human interest sebenarnya sulit ditemukan mitos, tetapi pada foto keempat ekpresi bayi yang lagi istirahat sebagai perasaan bahwa tidak pernah terjadi banjir. Kata Kunci : Roland Barthes, Banjir Aceh, Analisis Semiotik, Foto Jurnalistik, Semiotika

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI KOMUNITAS ACEH FOTOGRAFER NET TERHADAP FOTO JURNALISTIK PADA HARIAN SERAMBI INDONESIA (reza pahlevi, 2013)

PELANGGARAN KODE ETIK JURNALISTIK PADA MEDIA ONLINE AJNN (DEA VONA DIMITHA, 2017)

ANALISIS SEMIOTIKA FOTO JURNALISTIK RUBRIK MENATAP ACEH PADA KORAN HARIAN SERAMBI INDONESIA (Agus Setyadi, 2017)

REPRESENTASI NILAI-NILAI JURNALISME PERANG PADA HARIAN THE NEW YORK TIMES (ANALISIS SEMIOTIKA FOTO OMRAN DAQNEESH EDISI 18 AGUSTUS 2016) (Yayan Pria Nanda, 2017)

ANALISIS SEMIOTIKA FOTO PEREMPUAN DALAM MEDIA CETAK HARIAN SERAMBI INDONESIA (EDISI JANUARI SAMPAI FEBRUARI 2015) (M. Ikram Maulanda Anhar, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy