//

AGAMA, POLITIK, DAN PEREMPUAN (STUDI TERHADAP KETERLIBATAN PEREMPUAN DALAM POLITIK PRAKTIS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Susi Adila Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Keterlibatan perempuan dalam politik masih menyisakan persoalan yang terjadi di lapangan. Stigma bahwa perempuan tidak dapat menjadi pemimpin muncul didalam masyarakat. Agama dijadikan alat untuk menjustifikasi perempuan dalam berpolitik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlibatan perempuan dalam politik praktis Kabupaten Aceh Barat Daya, serta bagaimana justifikasi agama mempengaruhi perempuan berpolitik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dimana yang menjadi informan diperoleh dengan metode purposive sampling. Untuk menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Gender. Data dikumpulkan dengan cara wawancara dan studi kepustakaan, serta selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Keterlibatan perempuan dalam politik praktis di Kabupaten Aceh Barat Daya masih bisa dikatakan minim. Kendala perempuan berpolitik terjadi di lapangan dikarena stigma bahwa perempuan tidak dapat menjadi pemimpin muncul didalam masyarakat. Pandangan masyarakat terhadap perempuan di Kabupaten Aceh Barat Daya sampai hari ini masih ada yang memandang bahwa yang pantas menjadi pemimpin adalah kaum laki-laki bukan kaum perempuan. Masyarakat meyakini bahwa Agama yang mengajarkan bahwa kaum perempuan tidak boleh berpolitik dan menduduki jabatan publik. Sehingga membuat minimnya keterlibatan perempuan dalam politik praktis. Kata kunci: Agama, Politik dan Keterlibatan Perempuan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PANDANGAN TOKOH MASYARAKAT TERHADAP KETERLIBATAN ULAMA DAYAH DALAM POLITIK PRAKTIS DI ACEH BESAR (Bukhari, 2016)

KETERWAKILAN PEREMPUAN DALAM PATAI ACEH (STUDI PENELITIAN DI DEWAN PIMPINAN PUSAT PARTAI ACEH) (Zahratun Nafis, 2013)

PROSPEK KETERLIBATAN PEREMPUAN DALAM RANAH POLITIK DI KABUPATEN BENER MERIAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF ADAT SUMANG (HENDRA YANTI, 2016)

HAK POLITIK PEREMPUAN DI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT ACEH DAN PERANNYA DALAM ALAT KELENGKAPAN DEWAN (STUDI KAJIAN PADA ANGGOTA DPRA PERIODE 2014-2019) (Satria Muchayar, 2018)

PENGARUH BUDAYA PATRIARKI TERHADAP PEROLEHAN SUARA PEREMPUAN PADA PEMILU 2014 DI ACEH TENGAH DAN BENER MERIAH (Tri Misrawati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy