//

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI PARASIT GASTROINTESTINAL TERNAK SAPI RAKYAT BERDASARKAN TINGKATAN UMUR DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mulia Fitri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat prevalensi parasit gastrointestinal yang menginfeksi ternak sapi rakyat berdasarkan tingkatan umur sapi di Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh telah dilakukan. Sampel diambil secara purposive random sampling dari ternak sapi rakyat yang terdiri atas sampel feses sapi sebanyak 30 ekor, terbagi atas 3 tingkatan umur, yaitu tingkatan umur pedet (0-6 bulan), anakan (6-12 bulan), dan dewasa (>12 bulan). Identifikasi parasit gastrointestinal dilakukan menggunakan metode sedimentasi dan flotation. Hasil perhitungan telur parasit dianalisis secara statistik yaitu Analysis of Variance (ANOVA) dan uji lanjut Duncan. Dari hasil penelitian, diperoleh jenis parasit gastrointestinal yang menginfeksi sapi di Kecamatan Simpang Tiga meliputi cacing kelas Trematoda yaitu Fasciola sp. dan Paramphistomum sp., cacing parasit kelas Nematoda yaitu Ascaris sp., Oesophagostomum sp., Bunostomum sp., Trichuris sp., dan kelas Sporozoa yaitu Eimeria sp.. Analisis statistik menunjukkan tingkatan umur sapi dan metode pemeliharaan secara tradisional berpengaruh nyata (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI PARASIT GASTROINTESTINAL TERNAK SAPI BERDASARKAN POLA PEMELIHARAAN DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Cut desta morica, 2016)

PREVALENSI NEMATODA GASTROINTESTINAL PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE KABUPATEN ACEH BESAR (ZAKIYATURRIDHA, 2019)

IDENTIFIKASI PARASIT GASTROINTESTINAL PADA SAPI PERAH DI KOTA PADANG PANJANG (MULKIAH HILMI, 2019)

ANALISIS KELAYAKAN USAHA TERNAK SAPI POTONG DI KECAMATAN MEURAH DUA, KABUPATEN PIDIE JAYA (MUHAMMAD IRFAN, 2017)

IDENTIFIKASI PARASIT GASTROINTESTINAL PADA BERUANG MADU (HELARCTOS MALAYANUS) DI TAMAN MARGASATWA MEDAN (PUTRI UTAMI JENANTIKA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy