//

APLIKASI ANALISIS DISKRIMINAN DALAM PERUNTUKAN LAHAN DI KOTA BANDA ACEH (DISESUAIKAN DENGAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH KOTA BANDA ACEH TAHUN 2009-2029)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Amirah Bahari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Peruntukan kawasan lahan kosong di Kota Banda Aceh ditetapkan sesuai keputusan pemerintah yang bersifat subjektif. Untuk membuktikan masalah peruntukan lahan dengan cara lebih objektif dapat dilakukan melalui penganalisaan data yang berkaitan dengan penggunaan lahan di Kota Banda Aceh. Data tersebut meliputi pola ruang lahan (kawasan), harga lahan dan luas lahan. Data penggunaan lahan di Kota Banda Aceh ini, dapat digunakan untuk membangun skenario peruntukan lahan kosong di Kota Banda Aceh. Skenario peruntukan lahan kosong tersebut dapat diperoleh menggunakan bantuan salah satu analisis dalam analisis multivariabel, yaitu analisis diskriminan. Analisis diskriminan sebagai salah satu metode yang ditawarkan dalam analisis multivariabel membantu untuk mengklasifikasikan lahan. Pada penelitian ini dihasilkan fungsi dan nilai diskriminan yang dapat digunakan untuk mengklasifikasikan lahan kosong di Kota Banda Aceh, khususnya di Kecamatan Baiturrahman. Dari penelitian ini, 340 lahan kosong yang ada di Kecamatan Baiturrahman diklasifikasikan menjadi 282 lahan kosong yang digunakan sebagai kawasan lindung dan 58 lahan kosong lainnya digunakan sebagai kawasan budidaya. Luas lahan kosong yang ada di Kecamatan Baiturrahman sebesar 40.54 Ha, dengan lahan yang dapat digunakan sebagai kawasan lindung sebesar 32.216 Ha dan lahan yang dapat digunakan menjadi kawasan budidaya sebesar 8.324 Ha. Selain itu, fungsi diskriminan yang diperoleh memiliki ketepatan untuk mengklasifikasikan lahan sebesar 62.82%. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi untuk mengklasifikasikan lahan kosong di kota Banda Aceh. Kata kunci: analisis diskriminan, RTRW, kota Banda Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI ANALISIS DISKRIMINAN DALAM PERUNTUKAN LAHAN DI KOTA BANDA ACEH (DISESUAIKAN DENGAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH KOTA BANDA ACEH TAHUN 2009-2029) (Amirah Bahari, 2016)

ANALISIS PENGGUNAAN LAHAN EKSISTING BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (Mirza Arbi, 2016)

ANALISIS PENGGUNAAN LAHAN BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH 2009-2029 PADA KAWASAN BENCANA TSUNAMI KOTA BANDA ACEH (Fenny Mandasari, 2017)

STUDI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGENDALIAN PEMANFAATAN TATA RUANG KOTA DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (RD. CECEP YUDHIE ERBA WINATA, 2015)

KAJIAN PENATAAN SEMPADAN SUNGAI KRUENG ACEH DI TINJAU DARI RENCANA TATA RUANG WILAYAH KOTA BANDA ACEH (indra moulwian, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy