//

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG DEMAM DENGAN KEMAMPUAN IBU MERAWAT ANAK DEMAM DI PUSKESMAS KUTA ALAM KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT SAFRINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 5 Oktober 2015 xiii Halaman + VI Bab + 76 Halaman + 16 Tabel + 1 Skema + 16 Lampiran CUT SAFRINA 1307101020119 HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG DEMAM DENGAN KEMAMPUAN IBU MERAWAT ANAK DEMAM DI PUSKESMAS KUTA ALAM KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2015 ABSTRAK Demam merupakan masalah yang sering ditemukan pada anak. Demam bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit lain. Penanganan demam yang tepat sangat dibutuhkan. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menggunakan pakaian yang tipis dan nyaman, menempatkan anak di sirkulasi udara yang baik, memenuhi kebutuhan cairan, memberikan kompres hangat dan memberikan antipiretik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang demam dengan kemampuan ibu merawat anak demam di Puskesmas Kuta Alam Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif korelatif, dengan desain cross sectional study. Jumlah populasi 70 Ibu yang memiliki anak demam. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling sebanyak 70 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, teknik pengumpulan data yaitu wawancara terpimpin. Waktu dan tempat penelitian dilakukan pada tanggal 12-24 Oktober 2015 di Puskesmas Kuta Alam Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh. Metode analisis data menggunakan uji statistik Chi-Square dianalisis menggunakan perangkat komputer. Hasil penelitian adalah ada hubungan pengetahuan ibu tentang demam dengan kemampuan ibu merawat anak demam di Puskesmas Kuta Alam Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh (p=0,001). Kesimpulan penelitian ini adalah pengetahuan ibu tentang demam berhubungan dengan kemampuan Ibu merawat anak demam, menggunakan pakaian yang tipis dan nyaman, menempatkan anak pada sirkulasi udara yang baik, pemenuhan cairan, memberikan kompres hangat dan memberikan antipiretik pada anak demam . Ibu diharapkan terus meningkatkan pengetahuan tentang merawat anak demam untuk mengurangi terjadinya dampak lebih lanjut dari demam. Kata kunci : Pengetahuan, ibu, anak, demam Daftar bacaan : 21 Buku, 5 Sumber Online, 12 Jurnal, 4 Artikel (2004-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DISTRIBUSI JUMLAH SEBARAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DISTRIBUSI JUMLAH SEBARAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Farriz Ade Rezky, 2018)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU HAMIL DENGAN PENGETAHUAN STIMULASI KECERDASAN PRALAHIR DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2012 (Zamharira Al Marabi, 2014)

HUBUNGAN AKSES PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PUSKESMAS DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH TAHUN 2015 (Aulia Shavira, 2016)

PELAKSANAAN TUGAS KESEHATAN KELUARGA PADA LANSIA YANG MENGALAMI DIABETES MELITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2013 (annadia jannatani, 2013)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN JENTIK NYAMUK DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH TAHUN 2011 (SRI WAHYUNI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy