//

PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIFITAS BEBERAPA VARIETAS PADI (ORYZA SATIVA L.) INTRODUKSI DAN GALUR POTENSIAL PADA DUA MUSIM TANAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FERI ALFIAN - Personal Name
SubjectRICE - FOOD CROP
VARIETIES
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi magister Agroekoteknologi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

RINGKASAN FERI ALFIAN. Pertumbuhan dan produktifitas beberapa varietas padi (Oryza sativa L.) introduksi dan galur potensial pada dua musim tanam di bawah bimbingan Sabaruddin Zakaria sebagai pembimbing ketua dan Bakhtiar sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan produktivitas varietas padi introduksi dan galur potensial hasil persilangan antara varietas padi lokal Aceh dengan varietas padi introduksi. Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Babah Krueng, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, pada musim kering yaitu dari Bulan Juni sampai November 2013 dan pada musim hujan yaitu dari Bulan Desember 2013 sampai Mei 2014. Penelitian ini menggunakan sepuluh varietas padi yang terdiri atas empat varietas padi introduksi (Yin Zhang 1, Chao Zhan, Zhong Zhan, Miao Zhan), tiga galur potensial (C3, C4, S5), dua varietas lokal Aceh (Cantek Manis dan Siputeh) dan satu varietas unggul nasional (Ciherang). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 ulangan. Peubah yang diamati adalah tinggi tanaman dan jumlah anakan umur 2 sampai 7 MST, umur berbunga, umur panen, jumlah malai, panjang malai, berat 1000 butir, persentase gabah hampa per rumpun, persentase gabah berisi per rumpun, berat gabah per plot, potensi hasil per hektar dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada musim tanam hujan faktor varietas berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman dan jumlah anakan umur 2, 3, 4, 5, 6 dan 7 MST, umur berbunga, umur panen, jumlah malai, panjang malai, berat 1000 butir, persentase gabah berisi, persentase gabah hampa. Selanjutnya faktor varietas juga berpengaruh nyata terhadap berat hagah per rumpun dan potensi hasil per hektar. Produksi padi terbaik musim tanam penghujan dijumpai pada varietas Zhong Zhan, Yin Zhan I dan S5 dibandingkan dengan varietas lainnya. Produksi varietas ini rata-rata berkisar 6,2 – 7,8 ton/ha. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pada musim kering faktor varietas berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman dan jumlah anakan umur 2, 3, 4, 5, 6 dan 7 MST, umur berbunga, umur panen, jumlah malai, panjang malai, berat 1000 butir, persentase gabah berisi, persentase gabah hampa, berat biji per rumpun dan potensi hasil per hektar. Produksi padi terbaik musim tanam kering dijumpai pada galur S5 dibandingkan dengan varietas lainnya. Produksi varietas ini rata-rata 5,80 ton/ha. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata dari musim hujan dan musim kering terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan per rumpun, umur berbunga, umur panen, jumlah malai, panjang malai, berat gabah berisi per 10 tanaman, berat 1000 butir gabah dan hasil (ton/ha). Namun tidak terdapat perbedaan nyata dari musim hujan dan musim kering terhadap persentase gabah berisi dan persentase gabah hampa. Kata kunci : Varietas, galur potensial, musim tanam.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS BEBERAPA VARIETAS PADI ( ORYZA SATIVA L. ) INTRODUKSI DAN GALUR POTENSIAL PADA MUSIM GADU SKRIPSI (KOMIA PASI, 2019)

PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS BEBERAPA GALUR TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) PADA MUSIM TANAM GADU (Ahmad Amri, 2016)

KARAKTERISTIK AGRONOMIS DAN PRODUKTIVITAS BEBERAPA VARIETAS PADI (ORYZA SATIVA L.) INTRODUKSI PADA MUSIM TANAM GADU (jufriyadi, 2016)

UJI ADAPTASI DAN KARAKTERISTIK IKLIM MIKRO BEBERAPA VARIETAS PADI GOGO (ORYZA SATIVA L.) (Ahmad Ema Farma, 2013)

UJI KETAHANAN BEBERAPA GALUR POTENSIAL DAN VARIETAS PADI INTRODUKSI TERHADAP SERANGAN WERENG BATANG COKLAT (NILAPARVATA LUGENS STAL.) DI RUMAH KASA (nizamuddin, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy