//

PRESUPOSISI DALAM TUTURAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNSYIAH (ANALISIS PRESUPOSISI EKSISTENSIAL, PRESUPOSISI LEKSIKAL, DAN PRESUPOSISI STRUKTURAL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Qistina Ummah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Presuposisi, tuturan, mahasiswa Penelitian ini berjudul Analisis Presuposisi dalam Tuturan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unsyiah. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah presuposisi eksistensial dalam tuturan mahasiswa PBSI FKIP Unsyiah, (2) bagaimanakah presuposisi leksikaldalam tuturan mahasiswa PBSI FKIP Unsyiah, dan (3) bagaimanakah presuposisi struktural dalam tuturan mahasiswa PBSI FKIP Unsyiah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Unsyiah yang mengandung presuposisi eksistensial, presuposisi leksikal, dan presuposisi struktural. Sumber data penelitian ini adalah informan yang berasal dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Unsyiah. Datapenelitianinidikumpulkandenganmenggunakantekniksadap, teknik simak bebas cakap, dan teknik rekam. Langkah-langkahpenganalisisan data dalampenelitianini, meliputiseleksi data, klasifikasi data, dananalisis data.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) presuposisieksistensialmunculumumnyaditandaiolehadanya penanda suatu keberadaan yang berupa kata dan frasa benda, yaitusHP, anak Bahasa Inggris, proposal, Pak Harun, pembimbing, penguji, kesantunan, tindak tutur, Pak Azwardi, Taukenya, nenek-nenek gendut itu, Ellin, Pak Yusri, Ummi Pipik, skripsi, lampiran, penerbit, bab IV, adek leting Intan, kakak, celana, Honda, dan orang itu. Penanda yang berupa kata dan frasa keterangan waktu, yaitu hari ini, kemarin, Kamis, sekarang, sebentar lagi, waktu itu setengah sepuluh, jam sebelas, paginya, semalam, jam sebelas ke atas, magrib, dan jam delapan. Penanda yang berupa kata dan frasa keterangan tempat, yaitu di Blang Padang, di prodi, ke sekolah, di sekolah, ke rumah, ke kantor, ke kamar, di luar rumah, lewat daerah Neuheun ke sana, ke Mata Ie, di Zakir, di Blang Bintang, dan di sekret. (2) Presuposisi leksikalumumnyaditandaiolehpemakaian penanda ungkapan khusus berupa kata dan frasa, yaitulagi, tujuh kali bimbingan, kebetulan sore, biasa, bayar, dulu aja, udah, wanita pertama, kalau kamis, gampang, ngapain dia di sini, sekarang enak, lampirannya aja, nggak mungkin semuanya, udah disuruh, sekarang udah nikah, dan mulai.(3) presuposisi struktural dapatditandaidengan kata tanya, yaitu di mana, apa, berapa, kok bisa, siapa, kenapa, dan kapan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PRESUPOSISI DALAM TUTURAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNSYIAH (ANALISIS PRESUPOSISI EKSISTENSIAL, PRESUPOSISI LEKSIKAL, DAN PRESUPOSISI STRUKTURAL) (Qistina Ummah, 2016)

PRESUPOSISI DALAM NOVEL MENDAYUNG IMPIAN KARYA REYHAN M. ABDURROHMAN (Nova Sela Meilestari, 2016)

PRESUPOSISI DALAM TUTURAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNSYIAH (ANALISIS PRESUPOSISI FAKTIF, PRESUPOSISI NONFAKTIF, DAN PRESUPOSISI KONTERFAKTUAL) (Nina Eka Putri, 2016)

SIKAP BERBAHASA ACEH MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Lena Safutri, 2017)

PERBANDINGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DAN PROGRAM STUDIPKK FKIP UNSYIAH (LISNAWATI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy