//

ANALISA RESAPAN AIR DI BAWAH PERMUKAAN PONDASI TANGGUL MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS 2D DI KRUENG ACEH (LAMNYONG), BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Andri Abdilla - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian tentang resapan air di bawah permukaan pondasi tanggul kawasan Lamnyong, untuk mengetahui nilai resistivitas lapisan bawah permukaan dan melakukan interpretasi model 2D yang dihasilkan. Metode yang digunakan adalah geolistrik resistivitas 2D konfigurasi Wenner-Schlumberger dengan alat ARES Resistivitimeter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lapisan yang konduktif dan resistif pada lintasan 1 dan lintasan 2 dengan nilai resistivitas antara 0,02 – 30 Ωm. Pada lintasan 1 untuk lapisan bagian atas (top layer) sekitar < 4 m dengan nilai resistivitas 2 – 4 Ωm diinterpretasi sebagai lapisan tanah timbun (reclaim/colluviums), pada bagian bawah (bottom layer) sekitar 2 – 10 m dengan nilai < 2 Ωm diinterpretasikan sebagai zona resapan air. Sedangkan pada lintasan 2 untuk lapisan bagian atas (top layer) < 4 m dengan nilai resistivitas > 4 Ωm diinterpretasi sebagai lapisan tanah timbun (reclaim/colluviums) dan bagian bawah (bottom layer) dengan nilai < 2 Ωm dengan kedalaman > 4 m merupakan daerah yang sangat konduktif dan diinterpretasi sebagai zona resapan air. Nilai-nilai ini cukup berhasil menunjukkan lapisan yang menjadi zona resapan, yang berbeda dengan daerah sekitarnya berdasarkan sifat resistivitasnya. Kata Kunci : metode resistivitas, konfigurasi Wenner-Schlumberger, zona resapan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI KEDALAMAN DAN STRUKTUR LAPISAN BAWAH PERMUKAAN JEMBATAN LAMNYONG BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS 2D (Cut Putri Handayani, 2015)

INTERPRETASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN DI SEKITAR TANGGUL SUNGAI KRUENG ACEH BERDASARKAN VARIASI NILAI RESISTIVITAS LITRIK (Haris Saputra, 2018)

ANALISIS STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN JEMBATAN PENGHUBUNG KECAMATAN BARONA JAYA-KUTA BARO (JEMBATAN COT IRI) ACEH BESAR DARI DATA RESISTIVITAS 2D (Muhammad Noval Akbar, 2016)

IDENTIFIKASI ZONA BIDANG GELINCIR RAWAN RNLONGSOR MENGGUNAKAN METODE RNGEOLISTRIK DI KAWASAN KRUENG RAYA-LAMPANAH, ACEH BESAR (Cut Rohaya, 2015)

IDENTIFIKASI LAPISAN AKUIFER DI DESA WEU KRUENG, KECAMATAN MONTASIK MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS (Muhammad Asy Syakir, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy